Server Pusat Down, PPDB Online Dialihkan Ke Server Lokal

Server Pusat Down, PPDB Online Dialihkan Ke Server Lokal

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Serang Eeng Kosasih saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Selasa 25 Juni 2024.-Agung Gumelar-

TANGERANGEKSPRES.ID - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 secara online, yang dibuka sejak Selasa 18 Juni 2024 dihentikan, karena server milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, mengalami down atau tidak bisa diakses sejak Kamis 20 Juni 2024.

 

Meski begitu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, memiliki alternatif lain yaitu, dengan mengalihkannya ke server lokal milik Diskominfosatik Kabupaten Serang, agar pelaksanaan PPDB online dapat kembali dilanjutkan.

 

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Serang Eeng Kosasih mengatakan, PPDB online di Kabupaten Serang yang sudah dibuka sejak Selasa 18 Juni sampai Sabtu 22 Juni menghadapi permasalahan yaitu, server yang dimilik Kemenkominfo RI mengalami down pada Kamis 20 Juni 2024.

 

Artinya, baru dua hari PPDB online dibuka namun terpaksa dihentikan, karena server yang tidak bisa akses tersebut.

 

"Server down ini se Indonesia, jadi baru dua hari dibuka PPDB namun terpaksa kita hentikan, 

kurang lebih ada 20 sekolah yang PPDB online dan untuk jumlah pendaftarnya selama dua hari itu sudah mencapai 8 ribu calon peserta didik. Meski begitu, kita punya alternatif lain yaitu mengalihkan servernya ke server lokal milik Diskominfosatik Kabupaten Serang dan sekarang sedang dipersiapkan," katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa 25 Juni 2024.

 

Eeng mengatakan, dialihkannya ke server lokal ini hasil dari rapat koordinasi bersama pihak kepala sekolah, dan Diskominfosatik Kabupaten Serang, sebagai langkah alternatif agar proses PPDB online kembali dilaksanakan.

 

Dirinya berharap, kepada masyarakat Kabupaten Serang yang akan menyekolahkan anaknya, tetap tenang dan bersabar menunggu kembalinya dibuka PPDB secara online ini.

Sumber: