Tahun Ini, 1.762 Jemaah Haji Asal Kota Tangerang Diberangkatkan

Tahun Ini, 1.762 Jemaah Haji Asal Kota Tangerang Diberangkatkan

Pelepasan 431 Jemaah Haji Kloter 2 JKG asal Kota Tangerang, Banten.-Ahmad Syihabudin-

TANGERANGEKSPRES.ID --  431 jemaah Calon Haji (Calhaj) Kloter 02 JKG/Banten asal Kota Tangerang resmi diberangkatkan pada hari ini. Sabtu, (11/5/2024). Total Sebanyak 1.762 jamaah haji Kota Tangerang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah, Arab Saudi di tahun ini.

 

Rombongan Calon Haji itu dilepas secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin beserta Pimpinan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten dan Kota Tangerang, melalui Masjid Raya Al-Azhom, Puspemkot Tangerang.

 

Di lokasi nampak  keluarga dan sanak saudara calhaj tersebut turut mengiringi pelepasan ratusan jamaah itu.

 

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang, H. Syamsudin menuturkan, pemberangkatan jemaah haji pada tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni 1.762 jemaah. 

 

Dijelaskan dia, jamaah tersebut akan diberangkatkan melalui embarkasi Haji Pondok Gede, Jakarta, pemberangkatan akan dilakukan secara bertahap melalui 5 kloter yang telah ditentukan, yakni kloter 2, kloter 12, kloter 20, kloter 41, dan kloter 64 sesuai pembagian kloter secara nasional.

 

“Agenda pemberangkatan jemaah haji Kota Tangerang dilakukan secara bertahap melalui beberapa kloter yang sebagian besar dilakukan dengan kuota penuh. Seperti tahun sebelumnya, kami tahun ini juga tetap mengedepankan pelayanan 'Haji Ramah Lansia' meski jumlah jemaah berusia lanjut lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin,” ujar Syamsudin yang juga merangkap sebagai Kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Kota Tangerang.

 

Ia mengungkapkan, seperti tahun sebelumnya, pemulangan jemaah haji Kota Tangerang pada tahun ini akan kembali memanfaatkan fasilitas Asrama Haji di Cipondoh, Kota Tangerang. 

 

Sumber: