SMPN 1 Kemiri Ajarkan Siswa Mengolah Sampah Menjadi Barang Bermanfaat

SMPN 1 Kemiri Ajarkan Siswa Mengolah Sampah Menjadi Barang Bermanfaat

Siswa SMPN 1 Kemiri saat mengolah serabut sampah menjadi pot hias yang bisa di pajang di lingkungan sekolah.-Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres-


TANGERANGEKSPRES.CO.ID - SMPN 1 Kemiri mengajarkan siswanya untuk memanfaatkan barang bekas untuk menjadikan barang bermanfaat dan bernilai, seperti yang dilakukan siswa SMPN 1 Kemiri membuat pot dari limbah serabut kelapa.

Bahkan, para siswa diajarkan untuk untuk bisa memanfaatkan barang bekas agar tidak menjadi sampah yang sia-sia dan bisa menjadikan barang bekas menjadi sebuah karya yang bermanfaat.

Kepala SMPN 1 Kemiri Koid Munajat mengatakan, memanfaatkan barang bekas menjadi sebuah barang yang bermanfaat salah satu pencegahan penumpukan sampah, karena dengan mengolah atau mendaur ulang sampah bisa menekan adanya penumpukan sampah.

"Di sekolah ini, para siswa diajarkan bagaimana untuk mengolah sampah menjadi barang bekas. Maka, banyak barang yang tidak terpakai dan sampah yang ada di olah kembali entah jadi hiasan atau bisa juga di jadikan sebuah pupuk tanaman,"ujarnya kepada Tangerangekspres.co.id, Senin (29/4).

Koid menambahkan, bahwa pihaknya juga mengajarkan siswa untuk bisa menjaga lingkungan sekolah, pasalnya saat ini SMPN 1 Kemiri adalah sekolah sehat yang bersih terbebas dari sampah serta masuk sekolah Adiwiyata.

"Beberapa kali sekolah lain datang ke kami, mereka untuk study banding menuju sekolah Adiwiyata. Maka itu, siswa harus bisa mempertahankan sekolah sehat dan sekolah Adiwiyata,"paparnya.

Ia menjelaskan, di SMPN 1 Kemiri juga memiliki kebun tanaman sayuran dan juga tanaman obat, kebun tersebut untuk tempat praktek siswa bagaimana menanam tanaman produktif dan tanaman hias.

"Kita sengaja membuat kebun yang bisa digunakan siswa, artinya siswa tidak perlu keluar sekolah untuk melakukan praktek. Karena, semua sarana dan prasarana yang ada sudah kami lengkapi,"tutupnya. (*)

Sumber: