21 Finalis Bertarung Dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tangerang Selatan

21 Finalis Bertarung Dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tangerang Selatan

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie-Tri Budi/TangerangEkspres.co.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Sebanyak 21 finalis bertarung dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2024 ke-12 tingkat Kota Tangsel.

Penilaian akhir dilaksanakan di Plaza Rakyat Balai Kota, Kamis (25/4/2024). Sesuai ketentuan, peserta lomba inovasi TTG adalah umum (masyarakat dan mahasiswa) dan pelajar. 

Sekretaris Bappelitbangda Kota Tangsel Buana Mahardika mengatakan, lomba inovasi TTG ke-12 tingkat Kota Tangsel merupakan kali ketiga yang diselenggarakan oleh pihaknya. Sebelumnya lomba inovasi TTG diselenggarakan oleh perangkat daerah pengampu urusan pemberdayaan masyarakat.

"Penyelenggaraan lomba inovasi TTG akan terus ditingkatkan dan disempurnakan kualitasnya sehingga hasil kreativitas dan inovasi yang dikembangkan dapat diimplementasikan dengan mudah dan aman," ujarnya saat sambutan, Kamis (25/4/2024).

Buana menambahkan, lomba inovasi TTG diharapkan mampu menjadi hub dan channeling antara para inovator dengan lembaga, instansi, swasta bahkan industri. 

Lomba inovasi TTG dilaksanakan dengan mempedomani Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2001 tentang penerapan dan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 23 tahun 2017 tentang pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam desa. 

"Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari badan riset dan inovasi nasional (BRIN), Kemendesa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Universitas Nasional (Unas)," tambahnya.

Menurutnya, penyelenggaraan lomba inovasi TTG ke-12 dilaksanakan mulai 26 Februari 2024 dan akan selesai pada hari, 25 April 2024 dengan ditetapkannya pemenang lomba inovasi TTG ke-12 pada sore hari nanti. 

Secara rinci tahapan penyelenggaraan lomba inovasi TTD dimulai dari sosialisasi dan pengumuman lomba dilaksanakan selama 4 hari pada 26-29 Februari 2024. Pendaftaran dan pemasukan proposal dilakukan selama 30 hari pada 1-30 Maret 2024. 

Penilaian tahap 1 dilaksanakan selama 5 hari pada 1-5 April 2024. Penetapan finalis (peserta lolos tahap 1) pada 19 April 2024, dan persiapan pelaksanaan penilaian tahap 2 (final) dilaksanakan pada 22 dan 25 April 2024.

"Selama penyelenggaraan, peserta tidak dipungut biaya karena pembiayaan penyelenggaraan dibebankan kepada APBD Kota Tangsel 2024 termasuk penghargaan kepada pemenang lomba inovasi TTG ke-12," tuturnya.

"Biaya penyelenggaraan menjadi beban APBD dilakukan dengan tujuan agar Pemkot Tangse dapat menjaring produk kreativitas dan inovasi iptek yang dapat langsung diimplementasikan masyarakat dengan mudah, aman dan ramah lingkungan," tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang menjadi sesuatu yang tidak terelakan. 

"Suatu teknologi dapat dikatakan sebagai teknologi yang tepat guna jika memenuhi kriteria-kriteria. Antara lain dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat, dapat menggunakan sumber-sumber yang tersedia dibanyak tempat dapat diterapkan dengan sesuai dan cocok dengan kondisi sosial ekonomi yang berlaku di suatu tempat," ujarnya.

Sumber: