21 Finalis Bertarung Dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tangerang Selatan

21 Finalis Bertarung Dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tangerang Selatan

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie-Tri Budi/TangerangEkspres.co.id-

Benyamin menambahkan, kemudian mudah dipelajari, direplikasi, serta dipelihara oleh masyarakat tentunya perkembangan teknologi di Kota Tangsel didukung oleh kebijakan Pemkot Tangsel sebagaimana tertuang pada visinya yaitu terwujudnya tangsel unggul, menuju kota lestari, saling terkoneksi, efektif dan efisien. 

Pemkot Tangsel terus berupaya meningkatkan kesejahteran masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan, pemecahan masalah dan penambahan hasil produksi dengan pemanfaatan teknologi tepat guna. 

Hal tersebut menjadi kebijakan dalam rencana pembangunan jangka panjang nasional menuju indonesia emas tahun 2045. Yaitu harus dilakukannya upaya transformatif yang dilakukan secara terus menerus salah satunya dengan peningkatan kuantitas dan kualitas inovasi teknologi tepat guna menuju komersialisasi industri. 

"Sehingga masyarakat Kota Tangsel dituntut tidak hanya kreatif namun, juga harus memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada dengan meningkatkan daya saing produk usahanya melalui pemanfaatan teknologi tepat guna baik menciptakan alat sendiri atau melakukan modifikasi teknologi yang sudah ada," jelasnya.

Melalui kegiatan lomba inovasi TTG tersebut diharapkan mampu menjadi sebuah ajang batu loncatan hasil karya inovasi dari masyarakat, mahasiswa dan pelajar Kota Tangsel. 

Untuk selanjutnya terbentuk generasi muda yang gemar melakukan inovasi melalui ide-ide kreatif dan tentunya dapat terus dikembangkan menjadi inovasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara umum di berbagai bidang. 

"Lomba ini merupakan lomba yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kota, berlanjut ke tingkat provinsi dan terakhir ke tingkat nasional," tuturnya.

Perwakilan pemenang dari tiap kategori lomba inovasi ttg ke-12 tingkat Kota Tangsel 2024 akan mewakili Kota Tangsel pada lomba inovasi teknologi tepat guna ke-18 tingkat Provinsi Banten 2024 yang akan diselenggarakan pada minggu pertama Mei 2024. 

"Besar harapan saya perwakilan pemenang lomba inovasi TTG Kota Tangsel ke-12 tahun ini berhasil menjadi juara umum di tingkat Provinsi Banten dan menjadi juara juga pada lomba inovasi teknologi tepat guna ditingkat nasional," ungkapnya.

"Saya berharap melalui lomba ini, para civitas akademika, sekolah menengah dan kelompok masyarakat dapat terus membudayakan inovasi dilingkungannya masing-masing sehingga ekosistem inovasi dapat tercipta, sehingga semakin banyak inovator-inovator baru yang menciptakan kreasi baru dalam produk yang dihasilkan," tutupnya. (*)

Sumber: