Kemacetan Pantai Anyer Cinangka Sulit Diatasi, Pemkab Harapkan Pemprov Lebarkan Jalan

Kemacetan Pantai Anyer Cinangka Sulit Diatasi, Pemkab Harapkan Pemprov Lebarkan Jalan

Suasana jalan di wisata pantai Anyer Cinangka, terlihat macet dipadati wisatawan yang berlibur.-Agung Gumelar-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, mengakui bahwa kemacetan pada jalur wisata pantai Anyer Cinangka, dari berbagai arah sangat sulit diatasi setiap tahunnya saat libur panjang hari raya.

Pasalnya, wisata pantai Anyer Cinangka masih menjadi primadona, bagi wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung menikmati libur panjang hari raya.

Bahkan, wisatawan sampai rela terjebak selama berjam-jam saat menempuh perjalanan demi menikmati libur panjang di pantai Anyer Cinangka, dan banyak juga dari wisatawan yang harus putar balik lantaran kondisi pantai sudah melampaui batas.

Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, ada lima jalur baik alternatif maupun umum untuk menuju wisata pantai Anyer Cinangka, bisa dari arah Labuan Pandeglang sampai Cinangka, jalur Palima menuju Pabuaran Ciomas Padarincang Cinangka.

Kemudian, jalur Taktakan Gunung Sari Mancak sampai Anyer, bila melalui jalan tol bisa lewat Jalan Lingkar Selatan (JLS) Waringin Kurung menuju Anyer, dan melalui jalur Cilegon sampai Anyer.

"Meski banyak jalur menuju pantai Anyer Cinangka, namun jika animo masyarakat sangat tinggi tetap akan macet juga di semua jalur tersebut. Sehingga, sangat sulit diatasi dan tidak ada solusi juga," katanya beberapa hari lalu, Minggu 21 April 2024.

Anas mengatakan, meski berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi kemacetan, seperti pengaturan lalu lintas, membatasi wisatawan masuk ke pantai, namun tetap saja kemacetan tidak bisa dihindari.

Bahkan ada yang berangkat dari subuh, tapi tetap kena macet dan ada yang rela putar balik mengurungkan niatnya lantaran tidak kuat dengan kemacetan panjang tersebut.

"Kondisi ini, harus menjadi perhatian kedepan agar semua bisa dicarikan solusi, formula terbaik bagaimana masyarakat bisa lebih nyaman untuk datang ke pantai Anyer Cinangka. Meskipun, punya banyak jalur tapi kemacetan tetap akan terjadi seiring dengan animo masyarakat yang luar biasa datang ke pantai Anyer Cinangka," ujarnya.

Anas berharap, Pemprov Banten dapat segera melebarkan jalan menuju wisata pantai Anyer Cinangka, karena jalan tersebut kewenangannya milik Pemprov Banten.

Ada beberapa jalan yang masih sempit, hanya muat dengan dua mobil seperti di jalan Gunung Sari-Mancak, dan jalan Ciomas-Padarincang.

"Jalan dari Gunung Sari ke Mancak itu, ada sebagian yang sudah dilebarkan tapi ada yang belum, dan jalan dari Ciomas menuju Padarincang juga ada yang sudah dilebarkan ada yang belum. Kami berharap, Pemprov secepatnya kembali melebarkan jalan menuju wisata pantai Anyer Cinangka, untuk sekiranya dapat sedikit mengurangi kemacetan," ucapnya. (*)

Sumber: