Berburu Takjil Ketan Bintul, Makana Khas Kota Serang saat Ramadan

Berburu Takjil Ketan Bintul, Makana Khas Kota Serang saat Ramadan

Santi salah satu penjual ketan bintul di Pasar Lama terlihat sedang membungkus ketan bintul dengan daun pisang, Kamis (14/03/2024).--

TANGERANGEKSPRES.ID - Ketan bintul merupakan kuliner khas masyarakat Serang, Banten yang ada saat bulan puasa. Sebab makanan ini hanya dibuat saat bulan Suci Ramadan saja. 

Ketan bintul merupakan Ketan yang sudah matang lalu  ditumbuk hingga halus kemudian disajikan dengan taburan serundeng atau bisa disajikan dengan empal daging menjadi salah satu menu favorit berbuka puasa bagi warga Kota Serang.

Pada saat Ramadan seperti ini tentunya para penjual ketan bintul banyak ditemukan, salah satunya di kawasan kuliner Pasar Lama Kota Serang

Terlihat para pedagang menawarkan dagangannya, begitu pula dengan Santi, terlihat Santi sedang menjajakan dagangannya melalui tenda sederhana yang disediakan pemerintah setempat. 

Selain itu terlihat juga antrean dilapak milik Santi, satu porsi ketan bintul dijual dengan harga Rp20 ribu sedangkan apabila pembeli ingin memakai dengan empal daging ia jual dengan harga Rp25 ribu. 

Santi mengaku dalam sehari ia bisa menghabiskan empat hingga lima loyang kentan bintul, bahkan lebih.  

"Saya jualan ketan bintul itu cuma bulan puasa aja, udah tiga hari ini jualan masih rame aja. Sekarang aja udah habis empat loyang," ujarnya, Kamis (14/03/202r).

Sementara itu Ratna salah satu warga Kota Serang Mengaku sengaja datang ke Pasar Lama untuk membeli ketan bintul yang akan dijadikan salah satu menu buka puasa.

"Sengaja saya kesini buat beli ketan bintul, keluarga dirumah juga suka jadi saya beli banyak. apalagi sekarang bulan puasa jadi momennya pas buat makan ketan Bintul," aku Ratna. (*)

Sumber: