DLH Tangerang Selatan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

DLH Tangerang Selatan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Sekda Kota Tangsel Bambang Noertjahjo (lima kanan) didampingi Kepala DLH Wahyunoto Lukman foto bersama peserta HPSN di Jaletreng, Setu, Rabu (6/3). -Miladi Ahmad Cemol/tangerangekspres.id-

 

"Tema HPSN 2024 ini adalah atasi sampah plastik dengan cara produktif tema ini diambil karena persoalan keberadaan sampah plastik yang masih belum terselesaikan hingga sekarang sehingga membuat adanya persoalan serius baik di Indonesia itu sendiri maupun di dunia secara global," ungkapnya.

 

Bambang Apul mengungkapkan, ancaman sampah plastik menjadi masalah yang patut dituntaskan. Hal tersebut mengingat united environment programme (Unep) menyatakan jika tidak ada upaya untuk mencegah polusi plastik maka jumlah sampah plastik yang masuk ke ekosistem akuatik dapat meningkatkan hampir tiga kali lipat pada 2040. 

 

"Peringatan HPSN 2024 menjadi momentum untuk membangkitkan memori kolektif kita agar secara terus-menerus berupaya keras membangun pengelolaan sampah yang lebih baik dengan cara-cara produktif," tuturnya.

 

Mantan Kepala DPMPTSP Kota Tangsel ini mengaku, bentuk kepedulian pihaknya terhadap permasalahan sampah khususnya sampah plastik, telah dikeluarkan Perwal Nomor 83 Tahun 2022 tentang pengurangan sampah plastik. 

 

"Dengan diadakannya kegiatan hari ini diharapkan masyarakat semakin tergerak untuk mulai aktif mengelola sampahnya dari rumah secara produktif, tidak hanya berupaya mengurangi jumlah volume sampah namun dapat menghasilkan nilai ekonomi dari sampah tersebut," tutupnya. (*)

 

 

Sumber: