DLH Tangerang Selatan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

DLH Tangerang Selatan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Sekda Kota Tangsel Bambang Noertjahjo (lima kanan) didampingi Kepala DLH Wahyunoto Lukman foto bersama peserta HPSN di Jaletreng, Setu, Rabu (6/3). -Miladi Ahmad Cemol/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. 

 

Acara dengan tema "Atasi sampah plastik dengan cara produktif" tersebut diadakan di Jaletreng River Park, Taman Kota 2 Serpong, Rabu (6/3/2024).

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Wahyunoto mengatakan, peringatan HPSN diadakan sebagai upaya untuk berkampanye, mensosialisasikan dan mengingatkan warga agara tetap peduli dan berbudaya menangani sampah. 

 

"Cara paling awal adalah di rumahtangganya masing-masing," ujarnya kepada wartawan, Rabu (6/3/2024).

 

Wahyunoto menambahkan, sampah bila dikelola memiliki nilai serkuler ekonomi. Sedangkan sampah yang non organik juga masih bisa memiliki nilai tambah. "Kalau yang organik kalau dikelola tetap menjadi nilai tambah," tambahnya.

 

Menurutnya, pihaknya memiliki prinsip kita tidak jenuh-jenuh mengkampanyekan dan mensosialisasikan warga agar dapat mengelola sampahnya dari mulai rumahtangganya. Hal tersebut bertujuan agar beban sampah yang terakumulasi akhir di TPA Cipeucang dapat dikurangi.

 

"Kita sudah punya aturan penggunaan kantong plastik. Pemkot telah menerbitkan kebijakan dalam bentuk Perwal Nomor 83 Tahun 2022 tentang pengurangan bahan atau wadah berbahan plastik," jelasnya.

 

Sumber: