Jelang Ramadan, Pemprov Banten Mulai Awasi Produk Hewan

Jelang Ramadan, Pemprov Banten Mulai Awasi Produk Hewan

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Distan Banten, Ari Mardiana memberikan sambutan dalam acara Pertemuan Teknis Pengawasan Produk Hewan Jelang HBKN di Aula Distan Banten, Selasa (5/3/2024).-Syirojul Umam-

TANGERANGEKSPRES.ID - Jelang Ramadan dan Idul Fitri 2024, Pemprov Banten melalui Dinas Pertanian (Distan) akan mulai mengawasi keamanan pangan yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyelewengan produk hewan yang biasanya menjadi konsumsi favorit pada hari besar keagamaan nasional (HBKN) ini.

 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) pada Distan Provinsi Banten, Ari Mardiana mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan pangan di delapan kabupaten/kota di Banten. Pengawasan dilakukan agar bisa menyajikan pangan yang aman. 

 

"Kegiatan ini juga dilakukan sebelum-sebelumnya, terutama dalam menjamin keamanan pangan," katanya kepada wartawan dalam acara Pertemuan Teknis Pengawasan Produk Hewan Jelang HBKN di Aula Distan Banten, Selasa (5/3).

 

Ia menjelaskan, pengawasan difokuskan pada produk hewan karena dikhawatirkan adanya penyelewengan, seperti pencampuran daging sapi dengan daging celeng, atau yang lainnya. 

 

Pengawasan juga berlaku untuk produk hewan lainnya, yakni daging, telur, susu, dan turunannya seperti naget, dan bakso. 

 

"Produk hewan yang tersedia harus produk yang aman, sehat, utuh, dan halal atau ASUH," ujarnya.

 

Ari menjelaskan, pengawasan di delapan kabupaten/kota akan melibatkan enam tim di internal bidang keswan dan kesmavet. Nantinya tim tersebut akan bergabung dengan tim pengawasan dari kabupaten/kota yang ada di Banten.

 

Sumber: