Besok, KPU Pastikan 4 TPS di Larangan, Kota Tangerang Gelar Pemungutan Suara Susulan

Besok, KPU Pastikan 4 TPS di Larangan, Kota Tangerang Gelar Pemungutan Suara Susulan

Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah.-Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID - KPU Kota Tangerang memastikan pelaksanaan pemungutan suara susulan (PSS) di  empat tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Larangan pada besok, Minggu (18/2/2024).

 

Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah mengatakan, keempat TPS yang melakukan pemungutan suara susulan itu meliputi  di Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, yakni TPS 01 dan 02 di RT 001 RW 001 dan TPS 05 dan 06 di RT 03 RW 01.

 

Dari keempat TPS tersebut ada 1.130 DPT yang akan menggunakan hak suaranya.

"Kita pastikan PSS di 4 TPS bukan hari Sabtu, tapi di hari Minggu (18/2/2024)," kata Qori saat ditemui di Kantor KPU Kota Tangerang, Jumat (16/2/2024).

 

"Untuk di TPS 01 sebanyak 275 DPT, di TPS 02 sebanyak 274 DPT. Kemudian di TPS 05 sebanyak 292 DPT dan TPS 06 sebanyak 289 DPT," paparnya.

 

Menurut Qori, empat TPS tersebut dilakukan pemungutan suara susulan lantaran di wilayah tersebut pada Rabu, 14 Februari 2024 dilanda banjir  hingga 1 meter lebih usai diguyur hujan deras sepanjang Rabu malam hingga pagi hari. Sehingga keempat TPS tersebut tidak dapat melaksanakan pemungutan suara serentak. 

 

Dikatakan, keputusan KPU Kota Tangerang menjadwal ulang proses pemilihan suara itu mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023. Pihaknya juga menggeser lokasi keempat TPS tersebut ke tempat yang aman untuk mengantisipasi terjadinya kembali banjir di wilayah tersebut.

 

Dia menjelaskan, untuk melaksanakan pemungutan suara susulan, secara teknis maupun non teknis, pihaknya harus melakukan pembaharuan jadwal pemungutan suara susulan tersebut, mulai dari persiapan administrasi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang belum sempurna, logistik yang belum didistribusikan, hingga formulir undangan C6 yang belum disalurkan kepada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

 

"Malam ini kami baru rapatkan dengan KPPS untuk menyiapkan administrasi dan mempersiapkan undangan C6 yang akan kami sebar besok (Sabtu) ke semua warga yang masuk DPT," katanya.

 

"Jadi kalau dilaksanakannya besok tidak memungkinkan,  kami juga belum berikan formulir model C6 ke masyarakat," ujarnya.

 

Selain itu, faktor lainnya KPU menyelenggarakan pemungutan suara susulan di hari libur untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

 

"Kita harapkan kalau di hari libur partisipasi masyarakat tetap tinggi. Kemudian juga mengingat kondisi teman-teman PPK dan PPS yang kemarin bertugas pada tanggal 14 Februari 2024 kemarin belum sepenuhnya pulih," paparnya.

 

Diberitakan sebelumnya, KPU Kota Tangerang akan menggelar pemungutan suara susulan pada 4 TPS yang sempat terdampak banjir di Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. 

 

Dalam pelaksanaan penjadwalan ulang pemungutan suara susulan, KPU Kota Tangerang telah memastikan logistik Pemilihan Umum 2024 dalam kondisi aman. Sebab, kebutuhan logistik tersebut langsung dievakuasi ke lokasi yang lebih aman dari TPS sebelumnya yang terendam banjir.(*)

Sumber: