Pj Sekda Banten Minta Pemerintah Daerah Peduli Terhadap Pekerja Informal

Pj Sekda Banten Minta Pemerintah Daerah Peduli Terhadap Pekerja Informal

Pj Sekda Banten Virgojanti mengikuti Sosialisasi dan (FGD) yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten, di hotel Aston, Kota Serang, Selasa (6/2/2024).-Syirojul Umam/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk peduli terhadap pekerja informal melalui jaminan sosial ketenagakerjaan. Sebab pekerja informal juga memiliki resiko kecelakaan kerja yang sama seperti pekerja formal. 

 

Hal itu diungkapkan Virgojanti usai mengikuti Sosialisasi dan Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten, di hotel Aston, Kota Serang, Selasa (6/2/2024).

 

Virgojanti mengatakan, kesadaran atas kepedulian terhadap pekerja rentan kecelakaan kerja, khususnya pekerja informal perlu terus ditingkatkan, termasuk pemerintah daerah harus hadir dalam mengatasi masalah tersebut.

 

"Tentunya ini adalah satu hal yang strategis, agar bagaimana kesadaran pemerintah daerah dalam memberikan kepedulian terhadap mereka yang memiliki resiko dalam bekerja bisa terjamin," katanya kepada awak media.

 

Ia menjelaskan, kepedulian ini juga harus hadir hingga tingkat desa. Sebab kepedulian dalam mendaftarkan jaminan sosial ketenagakerjaan juga merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan ekstrim.

 

"Misalnya pekerja informal yang ada di desa, seperti tukang baso bila terjadi kecelakaan kerja bukan hanya santuan tunai, tapi juga beasiswa yang akan diberikan kepada anaknya," terangnya.

 

Tak hanya pemerintah daerah, Virgojanti juga berharap kepedulian terhadap pekerja juga dapat dilakukan pada instansi lainnya termasuk perusahaan yang ada di Banten. 

 

Sumber: