3 Ruas Jalan di Tangerang Selatan Dibuat Satu Arah Tahun Ini, Yang Pertama di Jalan Ini

3 Ruas Jalan di Tangerang Selatan Dibuat Satu Arah Tahun Ini, Yang Pertama di Jalan Ini

Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Raya Siliwangi Pamulang saat hujan beberapa waktu lalu.-TRI BUDI-

TANGERANGEKSPRES.ID - Tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel akan menerapkan sistem satu arah (SSA) di 3 ruas jalan yang ada di Pamulang dan Pondok Aren.

Satu ruas jalan di Pamulang yakni di Jalan Padjajaran (dari Bundaran Pamulang sampai Pasar Cimanggis). Dua ruas jalan lagi berada di Pondok Aren, yakni di Jalan Taman Makam Bahagia ABRI dan Jalan Perigi Pondok Kacang Timur.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub Kota Tangsel Saidun mengatakan, tiga ruas jalan akan diterapkan SSA pada tahun ini. "Ini kita lakukan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi, terutama pagi dan sore hari," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (17/1/2024).

Saidun menambahkan, dari tiga ruas jalan yang akan diterapkan SSA rencanya Pamulang akan menjadi lokasi pertama dilakukan ujicoba penerapan SSA. Ruas jalan panjangnya sekitar dua kilometer dari Bundaran Pamulang sampai Pasar Cimanggis Ciputat.

Namun, sebelum melakukan ujicoba, Saidun mengaku pihaknya terus melakukan sosialisasi dengan pihak tol agar segera merapikan dan mengoperasikan flyover (exit tol) di Pamulang.

"Pihak tol janji selesai pada Februari. Kalau ini belum diselesaikan, maka kita belum berani melakukan uji coba SSA di Pamulang," tambahnya.

Menurutnya, setelah di Pamulang dilakukan ujo coba maka akan dilanjutkan di dua ruas jalan di Pondok Aren. "Dari situ nanti kita estafet, lalu kita juga koordinasi dengan PT Jaya dan sosialisasi. Yang duluan Pamulang, lalu di Pondok Aren dan kita liat mana yang siap dulu," jelasnya.

Menurutnya, di ruas jalan di Padjajaran Pamulang sebelum diterapkan SSA, pihaknya akan mengecek kondisi jalan seperti apa. Bila ada yang rusak maka pihaknya akan berkirim surat ke Dinas PU Provinsi Banten agar diperbaiki.

"Jalan Padjajaran ini masuknya jalan milik Provinsi, jadi kita mengajukan perbaikan jalan kemereka. Mulai ujicoba kalau sampai pertengahan tahun kelamaan, kemungkinan mulai Maret sudah mulai kita ujocoba," ungkapnya.

Mantan Lurah Pondok Benda Pamulang ini mengaku, SSA rencananya akan diterapkan mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB pada hari kerja. Namum, SSA tidak berlaku pada sabtu, minggu maupun tanggal merah.

SSA di Pamulang dan di Pondok Aren rencananya akan mengikuti SSA yang telah diterakan di kawasan perempatan Viktor, Serpong. "Mudah-mudahan dengan kita terapkannya tiga SSA tahun ini dapat mengurangi kemacetan di Tangsel," tutupnya. (*)

Sumber: