Cegah Banjir, Saluran Air di Larangan Indah Dikeruk

Cegah Banjir, Saluran Air di Larangan Indah Dikeruk

Petugas SDA Dinas PUPR tengah membersihkan lumpur dan sampah saluran air di Jalan Larindah, Kelurahan Larangan Indah, Senin (15/1/2024).-Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID - Saluran air di Jalan Larindah, Kelurahan Larangan Indah, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang dikeruk oleh petugas Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Tangerang, Senin (15/1/2024).

 

Camat Larangan, Nasrullah mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pengerukan lumpur dan sampah pada turap saluran air melalui OP SDA Dinas PUPR Kota Tangerang. Pengerukan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya genangan atau banjir di wilayah sekitar.

 

"Kali ini kita melakukan pengerukan lumpur dan sampah di sepanjang saluran air di Jalan Larindah RW 07, Kelurahan Larangan Indah. Karena volume sedimen lumpur di saluran air cukup banyak maka pengangkutan menggunakan truk," ungkap Nasrullah saat dihubungi, Senin (15/1/2024)

 

Menurut dia, pengerukan saluran air ini bertujuan untuk tetap menjaga dan mempertahankan fungsi dari saluran drainase dan agar kawasan ini dapat terhindar dari genangan, bahkan banjir.

 

Berdasarkan pantauan, kata Nasrullah, khususnya di wilayah Kecamatan Larangan, di sejumlah lokasi ditemukan saluran air yang mengalami pendangkalan, akibat sedimentasi. Kondisi tersebut rentan menyebabkan genangan, terutama saat memasuki musim hujan seperti saat ini, karena kapasitas saluran tak mampu menampung aliran air.

 

Ia mengatakan, pengerukan sedimen selain mencegah pendangkalan juga bertujuan memperlancar aliran air. "Sedimen yang berupa lumpur atau sampah, dapat menimbulkan efek negatif jika tidak segera diangkat, yaitu bisa terjadi luapan air sehingga terjadinya genangan air atau banjir di lingkungan warga sekitar," ujarnya.

 

Dia menambahkan, tingginya sedimentasi di dasar turap saluran air bisa menyebabkan air meluap saat debit air meningkat. Oleh karenanya, pihaknya akan terus berupaya secara rutin membersihkan lumpur yang sudah menumpuk di saluran air.

 

"Pembersihan sedimen bisa memaksimalkan kapasitas saluran air dan mencegah dampak buruk saat debit air meningkat. Apalagi saat musim hujan seperti saat ini," paparnya.

 

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan," paparnya.(*)

Sumber: