Festival Pesisir Jadi Sarana Promosi Potensi Wisata Kabupaten Tangerang

Minggu 06-10-2024,15:21 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES.ID - Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony P menghadiri puncak perayaan Festival Pesisir dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 392 Kabupaten Tangerang, Minggu (6/10/2024).

 

Dalam sambutannya Pj Bupati Tangerang Andi Ony P menegaskan, adanya Festival Pesisir adalah wujud komitmen pemerintah daerah dalam melestarikan tradisi sekaligus mengembangkan potensi wisata Kabupaten Tangerang.

 

"Festival Pesisir ini adalah bentuk nyata komitmen kita bersama untuk menjaga tradisi adat dan budaya pesisir sekaligus memajukan potensi pariwisata Kabupaten Tangerang," ujarnya.

 

Andi Ony P menjelaskan, Kabupaten Tangerang memiliki garis pantai sepanjang 59,54 kilometer dan luas sepadan pantai sekitar 325 hektar, yang kaya akan sumber daya alam dan memiliki potensi besar untuk pengembangan pariwisata bahari.

 

"Festival Pesisir ini menjadi momentum strategis untuk mempromosikan potensi kelautan dan pariwisata Kabupaten Tangerang ke panggung nasional dan internasional," tambahnya.

 

Pada kegiatan tersebut, Pj Bupati Tangerang juga turut serta dalam prosesi adat sedekah laut atau larung laut, yang merupakan bagian dari acara Festival Pesisir ini.

 

Menurutnya, sedekah laut memiliki filosofi mendalam sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Taala atas karunia laut yang memberikan keberkahan bagi masyarakat. Tradisi ini juga menjadi daya tarik wisata yang mampu memperkuat identitas dan keunikan Kabupaten Tangerang.

 

"Sedekah Laut, sebagai bagian dari adat istiadat pesisir, tidak hanya mencerminkan kearifan lokal tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang memikat baik wisatawan domestik maupun mancanegara," jelasnya.

Kategori :