Tambah Wisata Alternatif Perkuat Daya Tarik Desa Wisata Tambang Ayam

Minggu 04-08-2024,17:10 WIB
Reporter : Agung Gumelar
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, berencana akan menambah potensi wisata alternatif, untuk memperkuat daya tarik wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Tambang Ayam.

 

Pasalnya, Desa Wisata Tambang Ayam hanya menyuguhkan atraksi seni budaya seperti silat dan bobodoran, sentra UMKM kerajinan bambu, jamur, dan emping melinjo.

 

Kemudian, terdapat spot wisata baru yaitu sumur kenclong dengan view persawahan yang kini sedang dikembangkan.

 

Camat Anyer Imron Ruhyadi mengatakan, perlu adanya penambahan wisata alternatif lainnya untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, agar mau berkunjung ke Desa Wisata Tambang Ayam.

 

Ada beberapa spot, yang kemungkinan bisa menjadi daya tarik dan daya jual seperti, di Desa Banjarsari dan Desa Unihara yang memiliki view pegunungan dan perkebunan.

 

"Sedang kita rencanakan, disana ada perkebunan buah naga dan lainnya bisa dijadikan agrowisata, wisatawan bisa memetik langsung sekaligus menikmatinya. Kalau sekarang jumlahnya belum terlalu luas, namun akan kita kembangkan sebagai potensi agrowisata, mudah-mudahan bisa berjalan lancar," katanya kepada wartawan di ruang kerjanya beberapa hari lalu, Minggu 4 Agustus 2024.

 

Imron mengatakan, di Desa Tambang Ayam ada namanya atraksi seni budaya Bobodoran yang tidak dimiliki desa lain, lalu terdapat sentra UMKM seperti kerajinan bambu, jamur, dan emping melinjo.

 

Tidak hanya itu, terdapat spot wisata baru yaitu Sumur Kenclong dengan view persawahan, yang konon katanya sudah ada dari turun menurun dan mitosnya, apabila mandi maupun cuci muka di sumur tersebut dipercaya bisa awet muda.

Kategori :