Libur Idul Fitri, Disbudpar Lebak Target 300 Ribu Pengunjung

Libur Idul Fitri, Disbudpar Lebak Target 300 Ribu Pengunjung

Pengunjung memadati Pantai Ciantir saat libur lebaran idul Fitri, Beberapa hari lalu.-A Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kabupaten Lebak, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat belum bisa menghitung jumlah kunjungan wisata selama libur lebaran idul Fitri 1445 H/ 2024. Namun, (Disbudpar) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke seluruh destinasi wisata yang tersebar sekitar 300 ribu orang.

 

Imam Rismahayadin, Kepala Disbudpar Lebak mengatakan, dia belum dapat memastikan jika jumlah target kunjungan tersebut bakal terealisasi atau tidak. Karena sampai saat ini, pihaknya masih menunggu laporan dari para pengelola destinasi wisata.

 

"Target kita sih 300 ribu orang. Tapi sampai saat ini kita belum mengetahui apakah target itu tercapai atau tidak, karena kita masih menunggu laporan dari para pengelola tempat wisata,” kata Imam Rismahayadin, kepada Tangerang Ekspres, melalui sambungan telepon, Senin (17/4/2024).

 

Saat ini kata Imam, pihaknya tinggal menunggu laporan dari pengelola destinasi wisata yang ada di Lebak. Mengingat, ada beberapa kategori tempat wisata seperti area laut, wahana air, perbukitan dan gunung, dengan begitu kata dia, pihaknya akan mengumumkan total jumlah kunjungan dalam waktu dekat setelah semua laporan masuk.

 

Beberapa destinasi wisata yang menjadi andalan dalam mendatangkan para pengunjung didominasi oleh kawasan pantai, semisal pantai Bagedur, Kalapa Warna, Pantai Ciantir, Pantai Sawarna, Goa Langir dan pantai Tanjung layar.

 

“Kita sedang menunggu laporan jumlah pengunjung. Selain dari kawasan pantai yang menjadi andalan, kita juga menunggu dari kawasan wisata yang ada di Perhutani dan wahana air atau kolam renang,” ujar Imam.

 

Penggiat wisata asal Lebak yang juga ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Lebak, Erwin Komara Sukma mengaku jika ia optimis jumlah kunjungan yang datang ke tempat tempat wisata akan mencapai target yang dicanangkan oleh Pemkab Lebak. Keyakinan itu ia cetuskan didasari oleh banyaknya pengunjung yang datang, terutama ke destinasi wisata lima besar seperti Pantai Sawarna, Pantai Bagedur, Pantai Goa Langir Pantai Pulo Manuk dan Pantai Kalapa Warga yang selalu ramai didatangi pengunjung.

 

Sumber: