Dana Hibah Parpol Kabupaten Tangerang Naik tapi Masih Paling Kecil se-Tangerang Raya

Selasa 14-05-2024,15:43 WIB
Reporter : Sihara Pardede
Editor : Sihara Pardede


TANGERANGEKSPRES.ID -- Dana hibah untuk partai politik di Kabupaten Tangerang naik dari 1500 persuara menjadi Rp 3000 persuara. Kendati naik, nilai itu masih jauh dari ideal yang seharusnya Rp 10.000 persuara.

Kenaikan dana hibah untuk parpol ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H Kholid Ismail kepada wartawan, Selasa (14/5/2024). Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, dana hibah parpol merupakan bantuan finansial yang diberikan oleh pemerintah setiap tahun. Menurut Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, bantuan keuangan ini berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) atau daerah (APBD).

Bantuan keuangan kepada parpol diprioritaskan untuk melaksanakan pendidikan politik bagi anggota parpol dan masyarakat. Selain digunakan untuk melaksanakan pendidikan politik, bantuan keuangan kepada parpol juga digunakan untuk operasional sekretariat parpol.

" Memang setiap tahun tidak naik. Sejak tahun 2021 hingga tahun 2023, dana hibah untuk parpol di Kabupaten Tangerang hanya Rp 1500 persuara. Nah baru tahun ini saja naik jadi Rp 3000 persuara," kata Kholid.

Dia menjelaskan dana hibah untuk parpol ini, setiap daerah berbeda-beda. Tergantung APBD masing-masing. Hanya saja, nilai pemberian dana hibah parpol ini tidak boleh lebih besar dari provinsi. Saat ini, nilai dana hibah yang diberikan kepda parpol di Kabupaten Tangerang masih kalah dengan Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

" Kalau tidak salah, Kota Tangerang dan Kota Tangsel sudah Rp 5000 persuara. Provinsi Banten itu sudah hampir Rp 10.000 persuara," terang  Kholid.

Kendati demikian, Kholid memaklumi jika nilai bantuan dana hibah untuk parpol di Kabupaten Tangerang kalah dengan Kota Tangerang dan Kota Tangsel. Ini karena jumlah penduduk dan wilayah Kabupaten Tangerang lebih besar dari kedua wilayah itu.

Menurut lelaki yang gemar menggunakan peci ini, dana hibah untuk parpol di Kabupaten tangerang idealnya yakni Rp 10.000 persuara. Kholid optimis, melihat APBD Kabupaten Tangerang yang terus meningkat, bantuan dana hibah ini akan bisa dinaikan di tahun-tahun berikutnya.

" Ini juga didukung adanya surat edaran dari Kemendagri yang isi meminta pemda agar menaikan dana hibah untuk parpol," katanya.(*)

Kategori :