Pembangunan Taman Pemakaman Umum Sarimulya Dimulai Tahun Ini

Senin 18-03-2024,14:44 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Di Kota Tangsel saat ini terdapat 7 tempat pemakaman umum (TPU) yang tersebar di 7 kecamatan. Yakni di Jurang Mangu Barat, Jombang, Pondok Benda, Bimbim Serpong, Jurang Mangu Timur, Jelupang, dan Babakan.

 

Namun, tiga dari 7 TPU tersebut, kondisinya sudah penuh, yakni di TPU Jurang Mangu Timur, Jurang Mangu Timur, dan Jelupang.

 

Kepala Bidang Pertanahan dan Pemakaman pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertahanan (Disperkita) Kota Tangsel Yusuf Ismail mengatakan, 3 dari 7 TPU yang ada kondisi lahannya sudah penuh.

 

"Dari 7 yang kita miliki, 3 TPU sudah penuh. Hanya dua lokasi yang masih bisa dikatakan cukup memadai luas lahannya namun, masih harus diratakan dulu," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (18/3/2024).

 

Yusuf menambahkan, 2 TPU tersebut adalah TPU Parakan dan Jombang. Pihaknya sedang melakukan perluasan di tanah yang belum terpakai.

 

Sementara itu, Kepala Disperkimta Kota Tangsel Aris Kurniawan mengatakan, untuk mengatasi krisis lahan pemakaman tersebut, pihaknya sedang menggarap proyek TPU terpadu di Sarimulya di Kelurahan Babakan, Setu.

 

"Tahun ini pembangunannya akan dumulai dimana lahan seluas 11 hektar di Sarimulya telah diserahkan oleh pengembang perumahan dari total kebutuhan seluas 20 hektar," ujarnya.

 

Aris menambahkan, tahun ini akan dibangun untuk petak makam dan nantinya akan ada petak pemakaman untuk muslim dan non muslim. Selain itu, TPU Sarimulya rencananya juga akan dilengkapi dengan krematorium. 

 

Hal tersebut diambil untuk menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan pemakaman dimasa mendatang. "TPU Sarimulya diharapkan dapat memberikan alternatif yang memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," tambahnya.

 

Di tempat terpisah, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, TPU Sari Mulya direncanakan untuk menjadi rumah masa depan. "Secara keseluruhan rencananya luas lahannya ada 20 hektar dan ini untuk pemakaman semua agama," ujarnya.

 

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini berharap, TPU Sarimulya konsepnya ingin seperti Al-Azhar Memorial Garden dan San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat. "Saya juga berharap pengembang swasta yang belum menyerahkan dua persen luas lahan dari kewajibannya segera menyelesaikannya," jelasnya.

 

Diketahui, selain memiliki 7 TPU, di Kota Tangsel juga terdapat 166 taman pemakan bukan umum (TPBU) yang tersebar di 7 kecamatan. (*)

 

Kategori :

Terpopuler