Pemdes Kedung Dalem Ingin Perajin Kurungan Ayam di Desanya Maju

Senin 15-01-2024,17:33 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang berupaya mengembangkan potensi usaha warga.

 

Salah satu upayanya adalah dengan memberikan pelatihan dan bantuan modal kepada kelompok-kelompok perajin kurungan ayam dari bambu di desa setempat.

 

Sekretaris Desa (Sekdes) Kedung Dalem, Hamilludin yang akrab disapa Emil mengatakan, Pemdes Kedung Dalem berniat mengembangkan usaha kerajinan kurungan ayam melalui program pemberdayaan masyarakat desa.

 

"Yaitu, pemberian modal usaha, agar bisa diwujudkan ke dalam bahan baku dan perlengkapan kerajinan kurungan ayam," kata Emil, kepada wartawan di kediamannya, Minggu (14/1/2024).

 

Menurut Emil, bantuan modal usaha yang diberikan Pemdes Kedung menjadi peluang bagi para kelompok perajin kurungan ayam untuk mengembangkan usaha, bahkan meningkatkan keuntungan dan membuka lapangan kerja.

 

"Berkembang atau tidaknya usaha itu dikembalikan lagi kepada kelompok-kelompok penerim manfaat. Pemdes hanya bisa berupaya mendorong dari belakang agar terus lebih maju," kata Emil.

 

Menurut Emil, Pemdes Kedung Dalem tidak akan berhenti memberikan dukungan bagi kelompok usaha kerajinan kurungan ayam yang dapat menggunakan dengan baik modal yang telah diterima.

 

"Kalau semakin maju, kami akan kasih dukungan lagi," ujarnya.

 

Sebelumnya, Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan (Binwas) Desa Kecamatan Mauk, Desi mengapresiasi Pemdes Kedung Dalem yang telah berupaya menggali potensi masyarakat desa.

 

"Semoga program pemberdayaan masyarakat desa ini bisa berjalan baik," katanya. (*)

Kategori :