JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menargetkan memiliki 235 diler pada akhir tahun ini.
Saat ini, Daihatsu masih memiliki 230 diler yang tersebar di berbagai daerah. ’’Tahun lalu, kami mencapai target dengan membuka sembilan diler. Jadi, sampai akhir 2016, total ada 230 outlet,” kata Market and Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, Kamis (23/3). Pembukaan diler tahun ini memang tidak sekencang tahun lalu. Sebab, pasar otomotif nasional tahun ini diprediksi belum tumbuh signifikan. Meski demikian, penambahan jaringan tetap dilakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan dalam pelayanan purnajual. Diler yang dibuka tahun ini berada di Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera. Di antara lima diler yang dibuka tahun ini, hanya dua yang memiliki layanan penjualan, perawatan kendaraan, dan suku cadang. Sisanya hanya melayani penjualan. Hendrayadi belum bersedia menyebutkan kebutuhan investasi untuk pembukaan lima diler karena setiap daerah bervariasi. ”Harga tanah tergantung lokasinya. Jadi, kebutuhan investasi di setiap daerah berbeda,” terangnya. Sementara itu, dalam rangka HUT Ke-110 Daihatsu , layanan ekstra diberikan dari segi purnajual. Sebanyak 990 kendaraan Daihatsu akan mendapat perawatan gratis hingga 110 ribu km. ”Program yang dimulai 1 April ini berlaku untuk pengguna setia Daihatsu yang berstatus perorangan, bukan instansi,” ujar CSVC Division Head Astra Daihatsu Motor Elvina Afny. Layanan gratis tersebut hanya diberikan kepada pemilik mobil Daihatsu yang rutin melakukan perawatan mulai seribu hingga 110 ribu km. Hal itu dapat dilihat dari buku servis mobil tersebut. ”Kami bagi menjadi sembilan wilayah. Untuk masing-masing wilayah, kuotanya 110 kendaraan,” tuturnya. Service Department Head AI DSO Ratno Yunanto menambahkan, terdapat 139 bengkel Daihatsu di Indonesia yang mendukung program itu. Berdasar catatan Daihatsu , ada sekitar sepuluh ribu kendaraan Daihatsu yang memasuki 110 ribu km. Rata-rata kendaraan berusia lima tahun. ”Program ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran pemilik agar merawat mobilnya di bengkel resmi,” ucapnya. (wir/c18/noe)Tambah Diler, Daihatsu Perluas Layanan Purnajual
Jumat 24-03-2017,10:36 WIB
Editor : Redaksi Tangeks
Kategori :