Media Memiliki Peran Penting

Media Memiliki Peran Penting

TIGARAKSA-Media (pers) memiliki peranan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Peran itu, adalah menyebarluaskan informasi sehingga masyarakat bisa ikut mengontrol jalannya pemerintahan.

“Tanpa media, kita pasti mengalami kesulitan,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi saat beruadiensi dengan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Senin (10/4).

Dedi menambahkan, pers telah memberikan banyak kontribusi dalam

perjalanan pembangunan. Menurutnya, suka atau tidak suka, keberadaan media pers dan keberadaan wartawan sangat dibutuhkan. Sebab tanpa keduanya, lanjut dia, pihak eksekutif mau pun legislatif akan mengalama hambatan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Dengan adanya teman-teman wartawan, kalau kita ingin menyampaikan sesuatu kepada masyarakat, ya tinggal undang wartawan kemudian konferensi pers. Maka informasi itu bisa sampai ke masyarakat. Itulah salah satu contoh betapa keberadaan pers dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin

mengatakan, sinergisitas antara pemerintah, anggota dewan, dan pers harus dikuatkan. Menurutnya, sinergi itu tidak lantas menumpulkan peran pers sebagai kontrol sosial. Namun, lanjutnya, dengan bersinergi, maka upaya kontrol dan mengingatkan bisa berjalan dengan baik.

“Bersinergi bukan berarti pers terkooptasi. Namun justru sebagai mitra yang siap mengingatkan jika kebijakkan melenceng dari kepentingan publik,” terangnya.(din)

Sumber: