Tingkatkan Daya Saing Produk Dalam Negeri, Disperindag Kabupaten Tangerang Gelar Sosialisasi P2DN

Tingkatkan Daya Saing Produk Dalam Negeri, Disperindag Kabupaten Tangerang Gelar Sosialisasi P2DN

SOSIALISASI: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang Resmiyati Marningsih memberikan sambutan saat pembukaan sosialisasi pemasaran produk dalam negeri di Gerai Tangerang Gemilang, Senin, 15 September 2025.(Humas Disperindag for Tang--

TANGERANG — Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perda­gangan (Disperindag) resmi menggelar Sosialisasi Pema­saran Produk Dalam Negeri (P2DN) serta Pameran Produk IKM/UMKM yang berlangsung selama dua hari, 15 hingga 16 September 2025, di Gerai Ta­ngerang Gemilang. 

Kegiatan ini menjadi upaya strategis daerah dalam men­dukung Gerakan Nasional Bang­ga Buatan Indonesia dan memperkuat industri lokal me­lalui penggunaan produk dalam negeri.

Kepala Disperindag Kabu­paten Tangerang, Dra. Resmi­yati Marningsih, M.Si, dalam sam­butannya saat pembukaan aca­ra, menegaskan pentingnya program P2DN sebagai bagian dari kebijakan nasional untuk meningkatkan daya saing pro­­duk lokal serta menum­buhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk buatan anak bangsa.

”Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami harap para pelaku usaha bisa lebih memahami regulasi dan kebijakan P2DN serta manfaatnya dalam mem­perluas akses pasar. Sedangkan pameran yang kami seleng­garakan menjadi ajang strategis untuk memperkenalkan produk IKM/UMKM kepada masyarakat luas dan membuka peluang kerja sama yang lebih luas,” ujar Resmiyati.

Ia juga mengajak seluruh pe­laku usaha dan masyarakat untuk lebih mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, karena hal ini meru­pakan langkah konkret dalam memperkuat perekonomian daerah, menciptakan lapangan kerja, serta mendukung pertum­buhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Ka­bupaten Tangerang, Rizky Maria P. Girsang, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, termasuk IKM formal, komu­nitas makanan dan minuman, komunitas pakaian dan handy­craft, komunitas alas kaki, serta mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Kegiatan ini juga mengha­dirkan narasumber dari Kemen­terian Perdagangan Republik Indonesia, yakni dari Direktorat Pemasaran Produk Dalam Ne­geri (P2DN) dan Pusat Pengem­bangan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), guna memberikan wawasan langsung terkait kebijakan pemasaran produk dalam negeri.

Selain sesi sosialisasi, pengun­jung juga disuguhkan pameran produk IKM/UMKM unggulan dan pertunjukan musik band lokal yang berlangsung selama dua hari. Sebagai bentuk ke­pedulian terhadap masyarakat, turut digelar Gerakan Pangan Murah yang menyediakan 1 ton beras SPHP dan produk MinyaKita pada 16 September 2025 di halaman Gerai Tange­rang Gemilang.

Rizky Maria juga menyam­paikan terima kasih atas du­kungan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik dari peme­rintah pusat, daerah, narasum­ber, pelaku usaha, hingga ma­syarakat yang antusias hadir dan terlibat aktif.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat nyata bagi kita semua, khususnya dalam membangun kesadaran dan komitmen bersama untuk menggunakan dan membang­ga­kan produk dalam negeri,” tutupnya.

Kegiatan ini diharapkan men­jadi momentum penting dalam mengangkat potensi lokal Ka­bupaten Tangerang dan men­jadikan produk dalam negeri sebagai pilihan utama di pasar nasional maupun global.(sep)

Sumber: