Kembangkan UMKM Kabupaten Serang, Andika Hazrumy Gagas 1 Desa 1 Produk Unggulan

Kembangkan UMKM Kabupaten Serang, Andika Hazrumy Gagas 1 Desa 1 Produk Unggulan

Calon Bupati Serang Andika Hazrumy bersama warga.-Tim Andika for Tangerang Ekspres-

Andika menyebut sejumlah produk UMKM di Kabupaten Serang seperti gerabah, batik, tas, sepatu, hingga golok sebenarnya sudah banyak yang berkembang bahkan berhasil, pada era kepemimpinan Bupati saat ini, Ratu Tatu Chasanah. "Nah, yang seperti ini ke depan akan diperbanyak. Kita duplikasi kesuksesan-kesuksesan mereka agar lebih banyak lagi UMKM yang sukses," katanya.

 

Sementara itu, lanjut dia, untuk desa-desa yang belum memiliki UMKM dengan produk unggulan atau sudah ada tapi masih kesulitan untuk berkembang, pembantuan dari pemda yang akan dilakukan dirinya jika memimpin Kabupaten Serang adalah mulai dari upaya penggalian  potensi produknya, penyiapan SDM, permodalan, pemilihan teknologi, hingga pemasaran.

 

Andika menyebut dirinya selama berkeliling Kabupaten Serang terkait pencalonannya itu banyak menjumpai produk-produk makanan produksi UMKM setempat. Secara potensi produk makanan dari sejumlah UMKM  itu memiliki peluang besar untuk berkembang. 

 

"Nah, untuk yang seperti ini kan misal produknya enak, tapi tidak tahan lama. Tahan lama tapi kemasannya tidak aman dan menarik. Itu yang nanti akan kita bantu solusinya," papar Andika.

 

Adapun untuk desa yang sama sekali belum punya produk unggulan UMKM, Andika menyebut, akan menggulirkan program bantuan yang dapat menstimulasi terciptanya UMKM dari potensi lokal yang ada di wilayah setempat. "Kita bantu warga untuk menggali potensi di tempat mereka tinggal. Setelah ketemu potensinya kita lakukan pendampingan sampai terciptanya produk unggulan," ujarnya.

 

Lebih jauh Andika meyakini, pengembangan UMKM secara masif akan mampu memajukan daerah dan mensejahterakan warganya. Kemunculan UMKM yang sukses akan menciptakan lapangan kerja, pemerataan ekonomi hingga kemajuan daerah. "Jadi kita gak terfokus hanya cari kerja di pabrik atau di kantor, kalau banyak UMKM-nya sukses banyak persoalan dapat teratasi sekaligus," pungkasnya. (*)

Sumber: