Cuaca Tak Menentu, Suhu Udara di Banten Capai 34 Derajat Celcius

Cuaca Tak Menentu, Suhu Udara di Banten Capai 34 Derajat Celcius

Pegawai Pemkot Tangsel menggunakan payung saat jam istirahat ketika menuju kantin untuk menghindari panas terik matahari.-Tri Budi/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Cuaca tak klmenentu kerap terjadi di wilayah Kota Tangsel dan Provinsi Banten. Kadang panas terik matahari dan tak lama mendung kemudian turun hujan. Hal sebaliknya juga kerap terjadi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Hartanto mengatakan, terkait kondisi cuaca saat ini, yang masih didominasi cuaca bervariasi yaitu pada pagi-siang hari cuaca cerah bahkan tergolong terik.

"Berlanjut menjelang sore hingga malam hari cuaca berubah menjadi signifikan," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (7/10/2024).

Hartanto menambahkan, hal tersebut merupakan karakteristik dari masa peralihan atau pancaroba dari musim kemarau-musim penghujan. "Hujan pada masa peralihan ini biasanya tidak merata dengan durasi singkat dan intensitas sedang-lebat," tambahnya.

Menurutnya, kondisi atmosfer yang labil meningkatkan potensi terbentuknya awan CB, sehingga menimbulkan cuaca ekstrem.

Prakiraan awal musim hujan 2024/2025 di sebagian besar Provinsi Banten diprediksi twrjadi pada Oktober 2024 dengan musim hujan paling awal terjadi pada Dasarian II September 2024.

"Untuk prediksi suhu udara maksimum bulan Oktober 2024 di Provinsi Banten berkisar antara 27 hingga 34 derajat celcius," jelasnya.

Terkait hal tersebut BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kejadian cuaca ekstrem saat peralihan Mlmusim tersebut. "Antara lain seperti hujan lebat, angin kencang dan angin puting beliung," tutupnya. (*)

Sumber: