Diduga Korsleting Listrik, Ponpes Al Istiqomah di Lebak Habis Terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Ponpes Al Istiqomah di Lebak Habis Terbakar

Kondisi Pondok pesantren Al Istiqomah di Malingping yang terbakar akibat korsleting listrik, Kamis (19/9/2024)--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Istiqomah di kampung Kadugawir, Desa Bolang, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak habis terbakar, Kamis (19/9/2024) sekitar pukul 12.00 WIB. Api yang diduga berasal dari korsleting listrik membakar, satu unit rumah, Majlis tempat mengaji serta seluruh kamar santri beserta isinya.

 

Rendi Saputra, salah seorang santri mengatakan, kebakaran yang menimpa pondoknya tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. namun, seluruh milik santri termasuk 2 unit motor tidak sempat diselamatkan. Karena api yang membakar kamar santri yang terbuat dari material bambu dan kayu cepat merambat, karena material bangunan yang mudah terbakar.

 

"Pada saat kejadian saya berada dalam kobong (kamar santri) sedang tiduran, tiba tiba api muncul dari salahsatu kobong sebelah, saya kaget karena api langsung membesar, saya pun lari keluar untuk meminta tolong," kata Rendi, kepada Wartawan, saat ditemui di pesantren setempat.

 

Rendi mengaku, adapun barang-barang milik santri yang terbakar, selain kitab kuning dan quran, juga pakaian, dokumen pribadi, peralatan memasak dan 2 unit motor.

 

"Kami berharap ada hamba Allah yang iklas untuk membantu membangun kembali tempat dimana kami menimba ilmu," harapnya.

 

Ade Sukartono, Relawan bencana Kecamatan Malingping, BPBD Lebak mengaku, sudah melaporkan kejadian kebakaran yang menimpa ponpes Al Istiqomah ke Pemkab Lebak melalui BPBD setempat.

 

"Kebakatan diduga akibat korsleting listrik, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 85 juta," tutur Ade.(*)

Sumber: