Belajar Praktik Tingkatkan Semangat dan Tanggung Jawab Siswa

Belajar  Praktik Tingkatkan Semangat dan Tanggung Jawab Siswa

Siswa SMPN 1 Solear melakukan praktik belajar sebagai bentuk meningkatkan semangat belajar dan juga memiliki rasa tanggungjawab.-Reporter Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.CO.ID - Semangat siswa akan terlihat dari kreativitas mereka saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, bahkan para siswa akan menunjukkan rasa sukanya saat mengikuti kegiatan belajar yang diberikan oleh para guru.

Melalui belajar  praktik, para siswa di berikan ruang melalui belajar  praktik. Seperti siswa SMPN 1 Solear yang mengikuti kegiatan belajar  praktik mewarnai di wadah nampan dengan berbagai gambar yang mereka buat.

Kepala SMPN 1 Solear Tjatur Sugiarto mengatakan, semangat siswa dalam belajar aka terlihat saat mereka melakukan belajar  praktik, karena dengan cara tersebut para siswa bisa menuangkan ide mereka dari materi yang diberikan oleh guru. Bahkan, para siswa juga terlihat semangat dengan ide yang mereka tuangkan dalam belajar  praktik.

"Di SMPN 1 Solear selalu melakukan belajar  praktik, sebagai salah satu cara agar siswa tidak jenuh dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan belajar  praktik, siswa akan lebih antusias dan semangat dalam belajar dan juga bisa menuangkan ide mereka,"ujarnya kepada Tangerangekspres.co.id, Selasa (3/9).

Tjatur menambahkan, para siswa saat belajar  praktik bisa mempunyai ide yang mereka keluarkan, bahkan mereka mengekspresikan apa yang mereka kerjakan dengan arahan guru yang membimbing mereka. Jadi, siswa mempunyai ruang saat mereka belajar di sekolah dan mereka juga merasa nyaman dan tidak tertekan akan materi pelajaran yang diberikan.

"Kita berpatokan pada kurikulum merdeka yang merajuk pada belajar senang, ini cara yang kita lakukan agar siswa tetap semangat dan senang dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Jadi, siswa akan senang dan tidak merasa stres saat mengikuti kegiatan belajar,"paparnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini hasil karya siswa banyak di tuangkan di sekolah, mulai dari hisasan yang ada di sekolah sampai dengan hal lainnya banyak di lakukan oleh siswa. Pihak sekolah, hanya sebatas mewadahi keinginan siswa agar mereka mempunyai Kreativitas yang ujungnya adalah tanggungjawab.

"Belajar  praktik juga melatih siswa bertanggungjawab, karena mereka bisa mempunyai rasa tanggungjawab atas tugas yang diberikan. Tidak ada alesan bagi mereka tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan itu selalu membuat siswa lebih aktif dan bisa diarahkan dalam belajar mengajar di sekolah,"tutupnya.(*)

Sumber: