BPBD Kota Serang Siapkan Pencegahan Kekeringan

BPBD Kota Serang Siapkan Pencegahan Kekeringan

Bantuan air bersih yang diberikan oleh BPBD Kota Serang pada saat kemarau tahun 2023.-Een Amelia-

TANGERANGEKSPRES.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang mulai mempersiapkan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya dampak dari kemarau, seperti kekeringan.

 

Sekertaris Pelaksana BPBD Kota Serang Heri Lesmana menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemetaan dibeberapa titik di Kota Serang yang rawan akan kekeringan.

 

Pemetaan ini dilakukan untuk meninjau ketersedian air, di setiap wilayah yang ada di Kota Serang. Selain itu, dilakukannya juga penyebaran penampungan air apabila terjadi kekeringan di wilayah yang sudah dilakukan pemetaan.

 

"Kami sudah melakukan pemetaan wilayah. Pemetaan sendiri kan didasari oleh kekeringan ditahun sebelumnya," tutur Hari saat ditemui dikantor BPBD Kota Serang, pada Rabu (8/8/2024).

 

Adapun wilayah-wilayah yang sering kali mengalami kekeringan diantaranya, Kecamatan Kasemen, Taktakan, Walantaka, Serang dan Cipocok Jaya.

 

Musim kemarau sendiri sudah memasuki wilayah Indonesia sejak Juni dan diperkirakan berakhir pada September mendatang. Akan tetapi, hingga Agustus ini, Kata Hari, BPBD Kota Serang masih belum menerima laporan adanya kekeringan atau permohonan untuk bantuan air bersih.

 

Yang mana hal ini berbeda dengan tahun lalu, pada Juli 2023 BPBD Kota Serang telah menerima dua laporan atau permintaan bantuan air bersih, lalu di bulan Agustus ada 14 laporan. Bahkan pada bulan September ada 61 laporan, dilanjutkan pada Oktober ada 36 laporan dan pada Desember ada dua laporan.

 

Sumber: