Forum Potensi Kota Tangsel Gelar Bersih-Bersih Kali Angke

Forum Potensi Kota Tangsel Gelar Bersih-Bersih Kali Angke

Ratusan peserta mengikuti apel sebelum bersih-bersih Kali Angke di halaman hantor Balai Kota Tangsel. Tri Budi/Tangerang Ekspres--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel bersama Forum Potensi Kota Tangsel melakukan bersih-bersih Kali Angke.

Panjang kali yang dibersihkan sekitar 20 kilomeyer yang dimulai dari kali di Villa Pamulang sampai TPU Jombang Ciputat.

Sebelum dilakukan bersih-bersih Kali Angke, dilaksanakan apel bersama di halaman kantor Balai Kota Tangsel, Selasa (23/7/2024). Apel dipimpin Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, kegiatan bersih-bersih Kali Angke merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, khususnya terhadap kebersihan dan kelestarian Kali Angke yang merupakan salah satu sungai penting di wilayahnya.

"Saya mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif dari Forum Potensi Tangsel yang bekerja sama dengan polisi udara untuk menyelenggarakan kegiatan mulia ini," ujarnya saat sambutan, Selasa (23/7/2024).

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, kebersihan dan kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Kali Angke, yang mengalir melalui wilayahnya, tidak hanya menjadi sumber kehidupan bagi ekosistem di sekitarnya tetapi, juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan menyediakan air bagi masyarakat. 

Namun, realitas yang kita hadapi saat ini menunjukkan bahwa banyak sungai, termasuk Kali Angke, mengalami pencemaran akibat aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. 

Oleh karena itu, melalui kegiatan bersih-bersih tersebut pihaknya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan sungai dan lingkungan. 

"Kita perlu menyadari bahwa menjaga kebersihan sungai bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita sebagai warga yang baik," tambahnya.

"Keterlibatan aktif dari seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan lestari," tuturnya.

Sementara itu, Pembina Forum Potensi sekaligus Kepala Seksi Pertolongan dan Penyelamatan (Kasi SAR) Polairud AKBP Ferry Setiawan mengatakan, pihaknya membersihkan Kali Angka sejauh sekitar 20 km.

"Kali yang kita bersihkan dari mulai Villa Pamulang hingga TPU Jombang Ciputat," ujarnya.

Ferry menambahkan, kegiatan bersih-bersih tersebut diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dan melibatkan sekitar 300 orang.

"Kita Polairud juga punya program bersih-bersih sungai, terus kita libatkan Potensi Tangsel serta didukung wali kota dan Potensi dari masyarakat juga ikut," tambahnya.

Sumber: