Atasi Banjir Pembangun Tandon Diperbanyak

Atasi Banjir Pembangun Tandon Diperbanyak

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi Kota Tangsel Robby Cahyadi.-Tri Budi/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Untuk mengatasi banjir Pemkot Tangsel melakukan berbagai langkah. Salah satunya dengan membangun tandon air.

Saat ini di Kota Tangsel terdapat 18 tandon yang tersebar di 7 kecamatan, seperti Tandon Ciater, Lengkong Karya, Kampung Bulak dan lainnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel Robby Cahyadi mengatakan, pembangunan tandon merupakan salah satu cara untuk mengatasi persoalan banjir di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang tersebut.

"Salah satu upaya kita adalah membangun tandon untuk atasi banjir," ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Robby menambahkan, dalam menangani banjir ada beberapa tahap yang dilakukan. Pertama, sebelum terjadinya banjir terbagi dua yaitu dilakukan upaya menahan atau meretensi air hujan sebelum masuk ke badan air atau sungai.

Jika kondisi sungai-sungai saat ini secara kapasitas sudah jauh berkurang dibanding debit air hujan. "Jadi air hujan ini diupayakan diretensi sebanyak mungkin sebelum masuk ke sungai,” tambahnya.

Menurutnya, saat terjadinya banjir pihaknya juga mengoptimalkan pengoperasian stasiun-stasiun pompa dan menempatkan petugas lapangan untuk langsung terjun ke titik banjir.

"Upaya yang dilakukan setelah banjir adalah pembersihan dan perbaikan jika terdapat infrastruktur yang rusak," jelasnya.

Robby mengaku, tahun ini pihaknya pihak akan membangu tiga tandon kembali dan memanfaatkan lahan yang sudah ada.

"Tandon ini sangat besar manfaatnya, minimal untuk lokal situ, untuk tampungan air, sekaligus tempat untuk ruang warga berinteraksi dan beraktivitas," tuturnya.

Menurutnya, tandon menjadi salah satu alternatif agar bisa mengurangi genangan air. "Kita masih akan membangun tandon air di sejumlah titik lain untuk mengatasi banjir di Tangsel," tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan,  pihaknya pada 2022-2023 telah membangun 9 tandon. Yakni, Tandon Serua Riverpark di Kecamatan Ciputat,Tandon Lengkong Karya, Kolam Retensi Griya Asri di Serpong Utara, Kolam Retensi Kampung Bulak.

"Selanjutnya kita juga membangun Tandon Puri Sentosa, Tandon Babakan di Kecamatan Setu, Tandon Pondok Aren, Tandon Sawah Lama 1 dan Tandon Sawah Lama 2," ujarnya.

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, pembangunan tandon merupakan komitmennya dalam penanganan banjir dengan melanjutkan pembangunan infrastruktur.

"Membangun tandon, kemudian revitalisasi drainase serta berbagai langkah lainnya itu kita lakukan untuk mengurangi banjir," tutupnya.(*)

Sumber: