Serapan Anggaran Baru 35 persen, Tasril Minta Pemkot Tangerang Genjot Pembangunan

Serapan Anggaran Baru 35 persen, Tasril Minta Pemkot Tangerang Genjot Pembangunan

Anggota DPRD Kota Tangerang, Tasril Jamal.--

TANGERANGEKSORES.ID - Anggota DPRD Kota Tangerang, Tasril Jamal  mendorong Pemkot Tangerang mengoptimalkan realisasi serapan anggaran. Sebab, saat ini sudah memasuki awal triwulan ketiga atau semester kedua.

Serapan anggaran baru mencapai 35 persen,. Seharusnya realisasi serapan anggaran sudah mencapai kisaran 50 persen.

Politisi PKB ini mengatakan, serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2024 ini harus lebih maksimal dibandingkan tahun 2023 lalu.

”Harus bisa lebih efektif dari tahun anggaran sebelumnya. Jangan sampai Silpa besar lagi,” kata Tasril saat ditemui.

Dia mengatakan, organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Tangerang harus menggenjot dan melaksanakan program kegiatan yang telah dianggarkan, terutama perangkat daerah yang gemuk anggarannya seperti Dinas PUPR dan Perkim.

Menurut anggota Komisi IV ini, memasuki semester kedua ini, kedua dinas tersebut masih minim menjalankan program pembangunan infrastruktur yang telah dianggarkan.

 "Seperti aspirasi masyarakat yang kita advokasi kita minta direalisasikan, karena menyangkut kepentingan masyarakat juga," tandasnya.

Dia menyampaikan, semua program fisik maupun nonfisik sudah harus dilaksanakan, agar output-nya bisa dirasakan masyarakat.

Dia menambahkan, pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024 sudah mulai disiapkan. Meski demikian, DPRD menginginkan semua program yang sudah di-ploting di awal tahun anggaran tetap harus dilaksanakan dengan baik.

”Anggarannya sudah ada, tinggal bagaimana pemerintah, terutama dinas melaksanakannya. Kalau serapan anggaran itu optimal, masyarakat akan menerima manfaatnya. Sebaliknya jika tidak, maka yang rugi masyarakat,” tegasnya.

Dia berharap serapan anggaran berjalan optimal dan tepat sasaran. Sehingga, program yang dilaksanakan pemerintah benar-benar dapat bermanfaat dan menjadikan masyarakatnya sejahtera 

"Pastikan programnya berdampak positif untuk masyarakat,” pungkasnya.(*)

 

Sumber: