Kades Mekar Kondang Sebut Desanya Belum Punya Gedung Posyandu

Kades Mekar Kondang Sebut Desanya Belum Punya Gedung Posyandu

Camat Sukadiri Ahmad Hapid (paling kiri) didampingi Kades Mekar Kondang M Shofa Marwah (ke dua dari kiri) saat menghadiri penilaian lomba binwil, di Desa Mekar Kondang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (13/6/2024). -Dokumentasi Pemde--

TANGERANGEKSPRES.ID - Kepala Desa (Kades) Mekar Kondang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten, M Shofa Marwah menyebut desanya belum punya gedung Posyandu. Sebab demikian, ia ingin pemerintah daerah (Pemda) Tangerang bantu pengadaan lahan untuk gedung Posyandu di desanya.

"Saat dinilai oleh Tim Penilai Lomba Bina Wilayah (Binwil) di desa kami, penilai bilang kegiatan Posyandu di desa kami sudah memenuhi persyaratan indikator penilaian, cuma yang disayangi kurangnya kami tidak punya gedung Posyandu," kata M Shofa Marwah, Kamis (13/6/2024).

Oleh karena itu, lanjut M Shofa Marwah, ke depan ia meminta dukungan dari Pemda Tangerang bisa menghibahkan lahan untuk didirikan gedung Posyandu di desanya. Selama ini, kegiatan Posyandu dilaksanakan di rumah-rumah kader Posyandu.

Terlebih menurut M Shofa Marwah, pemerintah daerah sedang gencar melaksanakan program Geberak Posyandu dalam rangka penurunan stunting di Kabupaten Tangerang.

"Jadi, kami yang di bawah juga perlu diperhatikan saranan penunjangnya salah satunya Gedung Posyandu," ucapnya.

Terpisah, Camat Sukadiri Ahmad Hapid mengatakan, gedung Posyandu harus menjadi aset desa. Jadi Pemda Tangerang tidak bisa menganggarkan terkecuali menghibahkan.

"Hibahkan prosesnya repot," jelas Ahmad Hapid, dengan nada rendah.

Namun, lanjutnya, ia akan berkonsultasi dengan Pendamping Desa apakah diperbolehkan pengadaan lahan untuk aset desa berupa tanah. Selain itu, ia pun akan berupaya dengan cara mengusulkan pengadaan lahan melalui pokok pikiran (pokir) dewan, bila diperbolehkan. (*)

Sumber: