Kemenkes RI Kunjugi Keluarga di Kelurahan Terumbu Yang Terkena Kusta

Kemenkes RI Kunjugi Keluarga di Kelurahan Terumbu Yang Terkena Kusta

Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat bersama Kemenkes RI pada saat memberikan obat kepada salah satu anggota keluarga yang terindikasi Kusta di Kelurahan Terumbu, Kamis (6/6/202).-Een Amelia-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kota Serang bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) mengunjungi satu keluarga yang berada di Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang yang diduga mengalami penyakit kusta, Kamis (6/6/2024).

 

Selain melakukan kunjungan dan penanganan langsung ketujuh anggota keluarga tersebut, Kemenkes RI juga melakukan skirining kepada warga yang melakukan kontak fisik dengan keluarga tersebut.

 

Ketua Tim Kerja Neglected tropical Disease (NTDs) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), Regina T Sidjabat memberitahu kepada awak media, berdasarkan hasil skrinning, dua dari tujuh anggota keluarga terindikasi kusta dan keduanya merupakan anak di bawah usia 15 tahun.

 

"Kemarin sudah diberikan tiga orang, tiga terlibat dahulu dan hari ini kita berikan juga ada satu untuk yang dinyatakan positif juga untuk kustanya,"  jelasnya usai melakukan peninjaun keluarga terkena kusta di Kelurahan Terumbu.

 

Dan dua orang anak yang terkena kusta masuk ke dalam tipe kusta kering atau pausibasiler dan membutuhkan waktu pengobatan selama enam bulan. 

 

"Kusta ini ada dua tipe, yaitu kusta basah atau multibasiler masih bisa disembuhkan selama 12 bulan, dan anak-anak yang terkena kusta ini termasuk kusta kering atau pausibasiler dan bisa diobati selama enam bulan," katanya.

 

Sebagai tindakan lanjutan, Regina mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Serang untuk melakukan pemantauan pengobatan rutin selama enam bulan terhadap dua anak yang terindikasi kusta. Termasuk memberikan obat pencegahan terhadap lima anggota keluarga lainnya yang tinggal serumah.

 

Sumber: