Evaluasi Triwulan Pertama, Penjabat Wali Kota Tangerang Diapresiasi Evaluator

Evaluasi Triwulan Pertama, Penjabat Wali Kota Tangerang Diapresiasi Evaluator

Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin usai memaparkan hasil kinerja selama tiga bulan pertama dihadapan tim evaluator Inspektorat Kementerian Dalam Negeri, Kamis (25/4/2024)-Abdul Azis/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Capaian kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin pada triwulan pertama, mendapat apresiasi dari tim evaluator Inspektorat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

Dihadapan tim evaluator, Nurdin memaparkan 10 indikator program prioritas, yakni terkait inflasi, stunting, BUMD, layanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran dan kegiatan unggulan serta perizinan.

 

"Tingkat inflasi dari tahun ke tahun di Kota Tangerang per maret menyentuh angka 3.62 persen menurun dari tahun sebelumnya yaitu 3,75 persen," papar Nurdin, Kamis (25/4/2024).

 

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya mengungkapkan, untuk menjaga kondisi inflasi tetap terkendali di Kota Tangerang, Pemkot Tangerang terus melakukan berbagai upaya yaitu dengan strategi 4K+1, yakni ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, komunikasi yang efektif, meningkatkan daya beli masyarakat. Salah satunya untuk ketersediaan pasokan, Pemkot kerja sama antar pedagang pasar dengan Bulog, melakukan gerakan menanam, Urban Farming, kerja sama pangan BUMD dengan penghasil pangan.

 

"Kami juga meningkatkan warung tradisional menjadi warung digital, meluncurkan mobil keliling si Jampang (Belanja Gampang), Gerakan Pangan Murah (GPM), bazar serentak di 13 kecamatan, subsidi angkutan perkotaan dengan tarif Rp2000 (jauh-dekat), bedah rumah, Program Tangerang Emas, dan lain sebagainya," bebernya.

 

Kemudian, dalam upaya penanganan stunting di Kota Tangerang pada Triwulan pertama terus mengalami penurunan, data stunting Februari 2024 di Kota Tangerang sebesar 6,7 persen menurun dari desember tahun 2023 sebesar 6,8 persen

 

"Upaya dalam menurunkan angka stunting di antaranya dengan melakukan Gerakan Anak Tangerang Sehat dan Cerdas, mengintegrasikan dengan program pendampingan bagi calon pengantin untuk memberikan edukasi dan pemahaman. Kemudian, program peningkatan kesehatan masyarakat, Pemkot juga memiliki Kader Srikandi yaitu kader Sedari Dini Kawal Ibu Hamil dan Bayi," ujarnya.

 

Sumber: