Calon Jemaah Haji Kabupaten Tangerang Mulai Vaksin Meningitis

Calon Jemaah Haji Kabupaten Tangerang Mulai Vaksin Meningitis

Kepala Kementerian Agama Tigaraksa Kabupaten Tangerang Ade Baijuri (kanan) membantu calon jemaah haji 2023 yang akan diberangkatkan ke embarkasi.-DOK. TANGERANG EKSPRES-

TANGERANGEKSPRES.ID - Kepala Kementerian Agama Tigaraksa Kabupaten Tangerang Ade Baijuri mengatakan, vaksin meningitis sudah mulai dilakukan calon jemaah haji (calhaj).

"Itu mandiri kang, tidak oleh kita. Sudah mulai sekarang para calon jemaah vaksin," jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (25/4/2024).

Ade mengungkapkan, Kementerian Agama tidak mengatur terkait lokasi atau tempat fasilitas kesehatan (faskes) yang digunakan calon jemaah haji untuk vaksin. 

"Kita ranahnya administrasi, terkait keberangkatan, kuota, manasik dan sebagainya. Tidak mengatur soal tempat vaksin, kita administrasi saja, itu jadi ranah kesehatan," jelasnya.

Informasi, vaksin Meningitis Meningokokus merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi bakteri, melindungi tubuh dari empat jenis bakteri penyebab penyakit meningitis. Penyakit meningitis menyebabkan infeksi pada lapisan di sekitar otak atau sumsum tulang belakang. Meningitis juga menyebabkan infeksi darah (bakteremia meningokokus), pneumonia, dan masalah lainnya

Melalui rilis tertulis yang diterima Tangerang Ekspres, Kepala Puskesmas Pasir Jaya Kecamatan Cikupa Ratna Asih Sri Rahayu mengatakan, vaksin meningitis untuk calon jemaah haji bisa dilakukan di puskesmas. "Kami siapkan vaksin untuk 128 calon jemaah haji reguler yang akan berangkat di 2024 ini," jelasnya. (*)

 

Sumber: