Seratusan Warga Ciater Serpong Jalani Skrining TBC

Seratusan Warga Ciater Serpong Jalani Skrining TBC

Petugas kesehatan (tengah) sedang melakukan skrining terkait TBC kepada masyarakat di Aula Kantor Kelurahan Ciater, Serpong, Senin (19/2/2024). -Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Kesehan Kota Tangsel membuka layanan skrining atau layanan deteksi dini penyakit tuberkulosis (TBC) di Aula Kantor Kelurahan Ciater, Serpong, Senin (19/2/2024).

 

Ada seratusan masyarakat yang menjalani skrining TBC tersebut dan semuanya warga Kelurahan Ciater. Layanan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Kelurahan Ciater dan Puskesmas UPT Ciater. 

 

Diketahui, penyakit TBC merupakan salah satu masalah kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia dengan jumlah kasus dan kematian yang tinggi. 

 

Kepala UPT Puskemas Ciater Ucik Hendrawaty mengatakan, skrining TBC dilakukan hanya untuk pengecekan saja. "Kalau ada terindikasi akan dilakukan pengobatan dan terapi. TBC ini bisa sembuh asalnya minum obat teratur selama 6 belum dan kontrol rutin," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (19/2/2024).

 

Ucik menambahkan, bagi nasyarakat yang sudah kena TBC maka dilakukan pendekatan mulai dikunjungi oleh petugas "ngider sehat", diberi obat rutin saat periksa diri dan lainnya.

 

"Yang positif TBC dilakukan pengobatan selama 6 bulan. TBC bisa menyerang anak sampai orang tua, penyebabnya polusi udara, hidup tidak sehat dan lainnya," tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, untuk mencegah dan menemukan terjadinya TBC telah digencarkan program atau kampanye Temukan Tuberkulosis, Obat Sampai Sembuh (TOSS) TBC di Indonesia.

 

Sumber: