50 Chef Ikuti Sertifikasi Sertifikasi Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Food Production

50 Chef Ikuti Sertifikasi Sertifikasi Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Food Production

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Heru Sudarmanto (tengah) foto bersama dengan peserta sertifikasi kompetensi SDM bidang food production di Soll Marina Hotel Serpong Utara.-Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Sebanyak 50 chef dari hotel, restoran dan rumah makan se-Kota Tangsel mengikuti kegiatan sertifikasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) bidang food production.

 

Sertifikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Tangsel tersebut dilakukan pada 5-6 Februari 2024 di Hotel Soll Marina Serpong Utara.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Heru Sudarmanto mengatakan, sertifikasi kompetensi SDM bidang food production merupakan peningkatan kapasitas SDM pariwisata dan ekonomi keratif (ekraf) tingkat dasar.

 

"Secara real kegiatan atau bentuknya adalaah sertifikasi kompetensi bidang pariwisata skema chef atau food production yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP)," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Raby (7/2/2024).

 

Heru menambahkan, pihaknya kerjasama dengan LSP Bhatara Tunas Profesional. "LSP ini merupakan salah satu lembaga yang diberikan mandat oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melakukan bentuk penilaian terhadap pelaku chef, sehingga mereka memiliki kompetensi yang ada di Tangsel," tambahnya.

 

Menurutnya, peserta sertifikasi sudah dan memiliki keahlian di chef namun, mereka belum memiliku sertifikasi. Sertifikasi tersebut bentuk pengakuan bahwa mereka punya nilai lebih, sehingga apabila bersaing maka memiliki nilai lebih.

 

"Sertifikasi ini juga bisa jadi nilai lebih dibanding tidak punya. Jadi saat mereka melamar di hotel, restoran maupun rumah makan mereka satu keunggulan," jelasnya.

 

Sumber: