Siswa SMPN 1 Tigaraksa Wajib Ikuti Pengajian

Siswa SMPN 1 Tigaraksa Wajib Ikuti Pengajian

Siswa SMPN 1 Tigaraksa melakukan pengajian bersama yang dilakukan setiap seminggu sekali-Randy/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta untuk membiasakan diri membaca Al-Qur'an, siswa SMPN 1 Tigaraksa membiasakan untuk melakukan pengajian rutin bersama agar siswa terbiasa dan bisa menghafal Al-Qur'an yang di baca.

Para siswa, mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 wajib mengikuti kegiatan mengaji bersama. Tidak ada alasan apapun kecuali siswa yang beragama non muslim. Hal tersebut, sudah menjadi kewajiban bagi siswa muslim untuk melakukan pengajian bersama.

Kepala SMPN 1 Tigaraksa Asep Jaja mengatakan, pengajian mingguan sengaja digelar untuk meningkatkan ketakwaan dan juga keimanan siswa agar senantiasa membiasakan diri membaca Al-Qur'an sebagaimana seorang muslim.

"Kita memang rutin melakukan pengajian, jadi siswa muslim wajib mengikuti dan tidak ada alesan untuk tidak mengikuti. Untuk siswa non muslim, mereka berada di kelas untuk mengerjakan tugas,"ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (31/1).

Asep menambahkan, bahwa dalam pengajian tersebut siswa tidak hanya membaca Al-Qur'an saja, melainkan ada siraman rohani atau kultum yang disampaikan oleh guru agama untuk mengkaji ayat yang dibaca ataupun menjabarkan tentang sejarah Islam.

"Jadi, sengaja kita lakukan ini agar bisa bersama-sama untuk bisa mengkaji ayat demi ayat Al-Qur'an. Siswa juga akan terbiasa dan paham akan makna dari Al-Qur'an ini,"paparnya.

Ia menjelaskan, dengan pengajian mingguan bisa mencegah siswa untuk melakukan kegiatan yang tidak baik, artinya ada rem dan rambu-rambu yang di pahami oleh siswa. Sehingga, siswa tidak akan mau melakukan kegiatan negatif.

"Dengan melakukan pengajian ini, siswa akan paham dan mengerti akan rambu-rambu dalam agama Islam. Mana yanag baik dan mana yang buruk. Saya harap, siswa terus melakukannya walaupun sudah lulus dari SMPN 1 Tigaraksa,"tutupnya. (*)

Sumber: