Pemprov Banten Resmikan Pembangunan Gedung 3 SMK di Kota Serang

Pemprov Banten Resmikan Pembangunan Gedung 3 SMK di Kota Serang

Pj Gubernur Banten Al Muktabar meninjau sarana dan prasarana yang dibangun di SMKN 7 Kota Serang, Kamis (25/1/2024). -Syirojul Umam/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemprov Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) meresmikan pembangunan gedung yang ada di 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Serang. Peresmian dilangsungkan di SMK 7 Kota Serang, Kamis (25/1/2024).

Peresmian dilakukan dengan penandatangan prasasti dan potong pita oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar, dan dihadiri oleh Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat, dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten.

Al Muktabar mengatakan, melalui pembangunan gedung ini sarana dan prasarana pendukung di sekolah terus meningkat. Sehingga berkontribusi penuh terhadap meningkatnya sumber daya manusia (SMK) khususnya di Kota Serang.

"Langkah ini dipersembahkan kepada masyarakat, secara tematik merupakan bagian dari layanan dasar, dan kita akan lanjutkan di kota/kabupaten lain," katanya. 

Ia menjelaskan, pembangunan di bidang pendidikan ini juga merupakan rencana pembangunan jangka panjang nasional sampai dengan 2045, dimana Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Indonesia emas di tahun itu.

"Parameter pencapaian Indonesia emas adalah bagaimana kita melibatkan kemampuan sumber daya manusia, yakni dengan menggiatkan pendidikan dimana perlu sarana prasarana," terangnya.

Maka dari itu, ia meminta kepada siswa untuk terus menggiatkan belajar, terlebih pemenuhan sarana dan prasarana terus di dukung oleh Pemerintah, baik pusat, maupun daerah. Hal ini tentunya untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

Kepala Dindikbud Banten, Tabrani mengatakan, tiga Pembangunan SMK di Kota Serang ini merupakan pembangunan melalui APBD 2023. Ketiga SMK tersebut yakni SMK Negeri 4, 7, dan 8.

Ia menjelaskan pembangunan gedung tersebut terdiri dari ruang kelas baru (RKB), ruang praktek siswa (RPS), dan ruang untuk kebutuhan perkantoran seperti ruang kepala sekolah, guru, TU dan sebagainya.

Tabrani merinci, untuk SMKN 7 terdapat beberapa gedung yang dibangun, yakni RKB, RPS, dan ruang untuk kebutuhan perkantoran.

"Selanjutnya, di SMKN 8, ada ruang praktek siswa, ruang kelas baru, bahkan serta tambahan alat-alat praktek," jelasnya.

"Adapun tuntuk pembangunan di SMKN 4 di antaranya ada Aula sarana serba guna, ruang praktek serta ruang kelas baru," sambungnya.

Dengan pembangunan gedung berikut sarana dan prasarana itu, ia berharap dapat meningkatkan mutu dan kualitas SDM di sekolah khususnya SMKN yang ada di Kota Serang. 

"Insyaallah ke depan SMK apa yang dibutuhkan industri agar pembangunan sarana prakteknya matching bisa wujudkan," terangnya.

Sumber: