Panwascam Tangerang Lantik 463 Pengawas TPS Pengawas

Panwascam Tangerang Lantik 463 Pengawas TPS Pengawas

Panwascam Kecamatan Tangerang melantik 463 orang petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aula MUI Kota Tangerang, Senin (22/1/2024) malam.-Abdul Aziz-

TANGERANG - Panwascam Kecamatan Tangerang melantik 463 orang petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aula MUI Kota Tangerang, Senin (22/1/2024) malam.

 

Ketua Panwascam Kecamatan Tangerang  Try Prasetyo Apriyanto mengatakan, setelah petugas pengawas TPS yang dilantik, langsung dilanjutkan dengan bimbingan teknis.

"Alhamdulilah hari ini sudah dilantik dan sekaligus langsung diberikan pembekalan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selaku  petugas pengawas TPS," kata Try kepada awak media.

 

Dia menuturkan, para petugas pengawas TPS ini mulai melaksanakan tugasnya setelah mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) malam ini mereka langsung membantu pengawas tingkat kelurahan.

 

"Jadi Pengawas TPS ini setelah bimtek ini langsung mulai bekerja. Tugasnya sama dengan pengawas lainnya seperti ketika menemukan adanya pelanggaran pemilu atau mendapatkan laporan dari masyarakat terkait pelanggaran tersebut," papar Try.

 

Dia menyebut, di Kecamatan Tangerang terdapat 10 TPS khusus, yakni di setiap Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di wilayahnya, yaitu Lapas Kelas II Pemuda, Lapas Kelas I Tangerang, dan Lapas Kelas II Wanita.

 

Try berpesan untuk memegang teguh apa yang sudah menjadi aturan tertinggi sebagai seorang pengawas TPS dan ini berlaku tidak hanya waktu hari pencoblosan, tetapi dimulai dari pengesahan. Selain itu, dapat membantu dalam memonitor serta mengawasi tahapan Pemilu.

 

"Tugas inti mereka itu sebenarnya di TPS,  mulai dari pengawalan pengantaran logistik 2 jam sebelum pelaksanaan pemungutan suara sampai nanti pengawalan membawa logistik ke gudang PPK," paparnya.

 

Dia berharap agar pemilu berjalan damai penuh keceriaan dan tidak ada hal-hal yang penuh intimidasi maupun kerusuhan yang melanggar ketertiban.

 

"Kita harapkan pelaksanaan Pemilu 2024 ini berjalan damai dengan penuh keceriaan, namanya juga pesta demokrasi semuanya harus senang, dan tidak ada hal-hal intimidasi maupun yang melanggar ketertiban di Kecamatan Tangerang ini," katanya. (*)

Sumber: