Jelang Pemilu, RT dan RW Diminta Jaga Kondusifitas Lingkungannya

Jelang Pemilu, RT dan RW Diminta Jaga Kondusifitas Lingkungannya

Lurah Cipondoh, Muptyawan (dua dari kanan) bersama pengurus RT dan RW.-Abdul Aziz-

CIPONDOH - Menjelang hari oemungutqn suara Pemilu 2024, pngurus RT dan RW di lingkup Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, diminta menjaga kondusifitas lingkungannya masing-masing.

Lurah Cipondoh, Muptyawan mengatakan, pelaksanaan pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 nanti. Pasalnya, lantaran berbeda piihan menjadi ketidakharmonisan di lingkungan sehingga menjadi tidak kondusif. Tidak dipungkiri masa Pemilu 2024 ini setiap warga memiliki pilihan sendiri untuk calon legislatif (Caleg) maupun untuk calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

"Kami mengimbau kepada Ketua RT dan RW di lingkup Kelurahan Cipondoh mengajak warganya dapat menjaga kondusivitas wilayahnya masing-masing. Kita jaga situasi tetap kondusif serta pelaksanaan pesta demokrasi yang diharapkan dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat luas,” kata Muptyawan, belum lama ini.

Dikatakan, para pengurus RT dan RW agar tetap paham fungsi dan perannya di masyarakat. Sebagai mitra kelurahan, pengurus RT dan RW membantu memberikan pelayanan di masyarakat. Menurutnya, Ketua RT dan RW juga berperan penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih di wilayahnya masing-masing. Ia menargetkan, partisipasi warga Kelurahan Cipondoh dalam Pemilu 2024 mendatang mencapai angka yang lebih tinggi dari periode sebelumnya.

“Salah satu indikator suksesnya pesta demokrasi adalah tingginya partisipasi pemilih. Oleh karena itu, mari kita gerakkan warga kita untuk menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing,” pungkasnya.

Pengurus RT dan RW, kata Muptyawan, harus menjadi jembatan bagi masyarakat dalam suksesi Pemilu tahun ini.

"Di era saat ini, masyarakat semakin aktif dalam mencari informasi. Untuk itu, penting bagi ketua RT dan RW untuk terus memahami dan menguasai aspek sosial, budaya dan demografi di lingkungannya. Apalagi di tahun politik saat ini, RT dan RW menjadi jembatan informasi bagi warganya, terkait kepemiluan," tutupnya (*)

Sumber: