Loket Imigrasi Paling Ramai Dikunjungi Masyarakat di MPP Kota Tangsel

Loket Imigrasi Paling Ramai Dikunjungi Masyarakat di MPP Kota Tangsel

Kepala DPMPTSP Kota Tangsel, Maulana Prayoga Utama Putra. -Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel mencatat loket Imigrasi dan Perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP) di kawasan Perkantoran Cilenggang paling banyak dikunjungi masyarakat selama 2023.

 

Hal tersebut membuktikan bahwa keberadaan MPP dibutuhkan oleh masyarakat dalam mengurus perizinan.

 

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel, Maulana Prayoga Utama Putra mengatakan, kunjungan masyarakat ke MPP ramai setiap saat dan tidak ada bulan ramai atau sepi.

 

"Tahun 2023 ada lebih dari 4.000 jumlah pengunjung. Paling banyak layanan Imigrasi, PTSP (perizinan dan konsultasi), Dukcapil dan Bapenda," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (15/1/2024).

 

Pria yang biasa disapa Yoga ini menambahkan, saat ini pihaknya tetap mencoba untuk mengoptimalkan MPP. "Sekarang ini kita mereview perjanjian kerjasama (PKS) yang Maret mendatang pada habis dan mengajak beberapa tenant yang belum bergabung, yakni Disnaker, BPOM dan BPJS kesehatan," katanya.

 

Menurut Yoga, tiga instansi tersebut belum bergabung dan pihaknya mencoba fokus mengajak sambil mengoptimalkan tenant yang sudah bergabung. Saat ini total ada 17 tenant yang bergabung di MPP.

 

"Tapi, ada tenant yang melebihi kuota, contohnya Imigrasi. Jumlah harian yang dilayani imigrasi 30 layanan, ini sesuai kuota dan tempat yang tersedia. Namun, ada tenant yang layanan di bawah 10 layanan contohnya BPJS ketenagakerjaan," paparnya.

 

Yoga mengaku, pihaknya melihat ada beberapa instansi yang belum bergabung, tapi pengunjungnya di Kota Tangsel banyak, contohnya BPJS kesehatan. Pihaknya akan melakukan evaluasi dan mencoba membuat MPP lebih bermanfaat lagi.

 

"Tenant di situ tidak bayar, di MPP ada 3 lantai. Kita bisa saja memodifikasi layanan dan yang paling penting kita melihat apa yang paling banyak dibutuhkan masyarakat dan kita mengajak instansi itu ke MPP," tuturnya.

 

"Saya berharap keberadaan MPP dapat betul-betul dirasakan masyarakat dalam pengurusan perizinan," ungkapnya. (*)

Sumber: