Debat Perdana, Mad Romli Landai, Irvansyah dan Zulkarnain Menggebu, Maesyal dan Intan Santai

Minggu 20-10-2024,12:56 WIB
Reporter : Asep Sunaryo
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES -- Debat terbuka perdana pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tangerang tahun 2024 berlangsung sengit. Tema besar yang diangkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam debat yakni, optimalisasi pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat dalam memajukan Kabupaten Tangerang. Debat perdana ini digelar di Hotel Aston, Kota Serang, mulai pukul 20.00 WIB, dan disiarkan Banten Tv, Sabtu (19/10/2024).

 

Pantauan Tangerang Ekspres, calon bupati (Cabup) Tangerang nomor urut 3, Zulkarnain, sudah menggebu sedari awal sesi di paparan visi dan misi. Waktu paparan visi dan misi ini sebanyak 4 menit. "Saya pribadi Zulkarnain bersama Lerru, akan mengambil alih dan berkontribusi dalam pembangunan," katanya sambil menggebu. Orasinya terus menggebu-gebu hingga diingatkan moderator Suki Abdul dan Nuke Azwita bahwa waktu habis. "Apakah ini akan kita diamkan," kata Zul, "Mohon maaf waktu anda sudah habis," kata moderator.

 

Zul pun nampak menggebu saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan tentang strategi memperkuat UMKM dari akses permodalan, digitalisasi dan juga pelatihan untuk meningkatkan daya saing. Waktu yang diberikan untuk menjawab pertanyaan sebanyak 2 menit namun hingga akhir waktu Zul masih memaparkan jawaban.

 

Hal itu tak nampak dari pasagan lain, pantauan Tangerang Ekspres, pasangan nomor urut 2, Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah tampak santai memaparkan visi dan misi. Juga saat menjawab dan menanggapi jawaban atas pasangan calon lain.  

 

Kata Maesyal, pembawaan yang santai dan lugas itu juga tak lepas dari bimbingan Intan Nurul Hikmah yang punya banyak pengalaman di kancah politik. 

 

"Iya, gurunya ini. Gurunya Bu Intan Ya santai aja jadi jangan sampai menggebu-gebu. Jangan terpancing biar (paslon lain) menggebu-gebu, kita santai tapi isinya dapat artinya substansi dari interaksi diskusi, substansi dari pertanyaan masing-masing calon, relevansinya saya jawab," tuturnya. 

 

Adapun, calon nomor urut 1 Mad Romli dan Irvansyah Asmat berbeda sikap, Mad Romli nampak landai namun wakilnya menggebu. Irvansyah nampak menggebu saat memaparkan jawaban dari pertanyaan sub tema peningkatan kesejahteraan masyarakat tentang konsep penataan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penduduk 3,3 juta. "Tingkat kemiskinan di 2024 di Kabupaten Tangerang naik 0,01 persen. Kami akan tingkatkan sektor pariwisata akan memberikan multiplayer efek," jelasnya. Irvansyah juga nampak menggebu saat disinggung data 2024 yang belum dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang. "Mungkin Bu Intan kurang literasi bahwa BPS sudah mengeluarkan datanya, bahwa di tahun 20243 itu 6,92 persen di tahun 2024 naik jadi 6,93 persen," jelasnya.

 

Menanggapi hal itu, Calon Wakil Bupati Tangerang, Intan Nurul Hikmah, mengaku bersyukur acara debat perdana berjalan lancar dan suksesi. Senada dengan Maesyal Rasyid, ia mengaku berusaha untuk tidak terpancing. 

Kategori :