Di Hari Jadi Pramuka ke- 63, Kwarcab Kota Serang Keluhkan Anggaran Pramuka Terus Menurun

Kamis 15-08-2024,14:05 WIB
Reporter : Een Amelia
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Serang Ahmad Saifullah, mengaku saat ini alokasi anggaran untuk Gerakan Pramuka terjadi penurunan secara berkala, hal ini ia sampaikan pada Apel Besar Hari Jadi Pramuka ke - 63, di Lapangan Upacara Kantor Kwarcab Kota Serang, pada Kamis (15/8/2024).

Saat diwawancarai oleh awak media, Saifullah mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memiliki peran pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh Kwarcab, salah satunya dengan memberikan alokasi anggaran atau dana hibah disetiap tahunnya.

"Dari Pemerintah Kota Serang perhatian yang diberikan kepada Kwarcab luar biasa, salah satunya dengan memberikan dana hibah untuk Gerakan Pramuka," ujar Saifullah.

Walau setiap tahun Pemkot Serang selalu memberikan dana hibah kepada Kwarcab Kota Serang, akan tetapi dana tersebut terus mengalami penurunan. Bahkan kata Saifullah, tahun 2024 merupakan tahun dengan anggaran paling kecil, selama dirinya menjabat sebagai Ketua Kwarcab Kota Serang.

"Sangat, sangat kurang. Mungkin semenjak kepengurusan saya di tahun 2019-2024 ditahun ini yang sangat minim," tuturnya.

Adapun besaran dana hibah yang pihaknya terima tahun ini hanya Rp100 juta, sedangkan dana tersebut tidak sesuai dengan kegiatan yang ada di Kwarcab selama satu tahun penuh.

"Dana hibah di tahun 2024 ini hanya Rp100 juta, dan ini kegiatannya untuk kegiatan di Kwarcab ini begitu banyak," ucapnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2023 dana hibah yang diberikan masih terbilang cukup, daripada dana yang diberikan pada tahun 2024.

"Kalau dana hibah lebih besar tahun kemarin. Kemarin itu sekitar Rp200 juta," katanya.

Adapun, besaran yang menurutnya sesuai dengan setumpuk kegiatan Kwarcab, baik dalam kegiatan daerah maupun nasional adalah Rp500 juta.

"Idealnya Rp500 juta agar bisa tercover semua kegiatan yang ada di Kwarcab. Karena kegiatan dari Januari sampai Desember begitu padat," ujarnya.

Walau begitu, Kwarcab Kota Serang selalu semangat dalam melakukan setiap kegiatan. Salah satunya dengan dapat menyelenggarakan Apel Besar Hari Jadi Pramuka ke - 63 dengan tema Pramuka Berjiwa Pancasila menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Rasa syukur ini kami sampaikan sebagai ketua Kwarcab, dengan kegiatan ini menjadikan momentum sesuai dengan tema yang diangkat pada 2024," ujarnya.

Ia juga berharap nantinya akan ada anak-anak muda yang menjadi penerus bangsa yang memiliki jiwa Pancasila sehingga dapat menjaga NKRI.

Ditempat yang sama Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat mengatakan sangat bangga melihat generasi penerus bangsa yang dengan semangat mengikuti upacara peringatan hari jadi Pramuka.

"Saya sangat bangga sekali adek-adek kita tingkat SD hingga SMA, sudah memperlihatkan dedikasinya bahwa kedepan bangsa kita akan maju seperti harapan kita, menuju Indonesia Emas," tuturnya.

Dengan begitu, Yedi Berharap anak-anak tetap semangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, seperti kegiatan Pramuka.

"Justru dengan adanya kegiatan pramuka, mental lebih baik dan ada arahan dari ibu dan bapak gurunya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat," ujarnya. (*)

Kategori :