Anggaran BPJS PBI di Kota Tangerang Sebesar Rp190 Miliar

Senin 26-02-2024,10:24 WIB
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID- Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengungkapkan, Pemkot Tangerang menganggarkan kepesertaan BPJS sebesar Rp190 miliar untuk masyarakat Kota Tangerang dari kalangan tidak mampu yang tidak bisa membayar iuran per bulannya.

"BPJS memang dibuat untuk seluruh masyarakat Indonesia. Termasuk masyarakat tidak mampu. Kota Tangerang tahun ini menganggarkan sebesar Rp 190 miliar karena ada penambahan peserta," ungkap Nurdin usai acara Syukuran HUT ke-31 Kota Tangerang di Masjid Al Azhom, Jumat (23/2).

Dikatakan,, Tahun 2024 ini Pemkot Tangerang meningkatkan anggaran pelayanan dibidang kesehatan untuk BPJS penerima bantuan iuran (PBI) sebesar Rp10 miliar dibanding tahun 2023 yang hanya sebesar Rp180 miliar.

"Anggarannya naik lagi, tahun ini ada tambahan Rp10 miliar. Jadi Rp190 miliar karena ada penambahan kepesertaan," ungkapnya.

Meski demikian, dia tidak merinci penambahan kepesertaan BPJS peserta bantuan iuran (PBI) di tahun 2024 ini. "Detailnya ada di Dinkes," ucapnya.

Meski demikian, Pihaknya pun akan mencarikan solusi untuk menekan anggaran kepesertaan BPJS PBI supaya tidak membengkak setiap tahunnya. "Kita juga lagi mencarikan solusi yang cerdas untuk anggaran kesehatan ini, kalau nggak, bisa membengkak terus," tandasnya.

Dia menuturkan, Pemkot Tangerang dalam waktu dekat akan mengoperasikan rumah sakit daerah (RSUD) Benda yang berlokasi di Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Hal itu guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Tangerang.

Pasalnya, hadirnya RSUD tersebut untuk memaksimalkan dan memudahkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Benda maupun Batuceper.

"Insya Allah segera kita operasikan, karena masih ada proses standarisasi yang harus dilengkapi," kata Nurdin.

Dia menyebut, pelayanan rumah sakit ini sudah dilengkapi dengan berbagai medis kesehatan yang diantaranya, poli klinik, poli anak, poli gigi, poli bedah, poli penyakit dalam, dan poli kandungan. Menurutnya, keberadaan rumah sakit di wilayah Kecamatan Benda ini merupakan upaya Pemkot Tangerang mendekatkan pelayanan di bidang kesehatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khusunya di Kota Tangerang.

Dia menambahkan, keberadaan RSUD tipe D di wilayah Benda tersebut untuk menambah jangkauan pelayanan kesehatan yang sebelumnya melalui perubahan status fasilitas kesehatan yang semula puskesmas rawat inap menjadi RS tipe D seperti RSUD tipe D di Kecamatan Benda tersebut.

"Semua fasilitas medis sudah lengkap, Insya Allah dalam waktu dekat kami operasikan," pungkasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler