Kesadaran Masyarakat Donorkan Darah ke PMI Tangerang Selatan Meningka

Kamis 18-01-2024,11:02 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangsel mencatat stok darah pada awal 2024 ini sekitar 5.000 kantong yang ada di unit donor darah (UDD) Kota Tangsel

Kepala UDD PMI Kota Tangsel Suhara Manulang mengatakan, pada Desember 2023 stok darah berada pada kisaran 4.000 kantong. "Sedangkan, saat ini stok darah kisaran sebanyak 5.000 kantong darah yang ada di UDD, Tangsel," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Kamis (18/1/2024).

Suhara menambahkan, kebanyakan pendonor itu berasal dari Kota Tangsel dan sekitarnya yang mayoritas kesadaran masyarakatnya bagus untuk mendonorkan darahnya.

"Pasalnya, di PMI Kota Tangsel sudah punya pendonor darah rutin per tiga bulan jadwalnya," tambahnya.

Penyuka olahraga bukutangkis ini berharap agar masyarakat lebih memahami bahwa donor darah itu penting untuk membantu orang lain. "Dengan berdonor darah itu maka kita akan lebih sehat," jelasnya.

Selain masyarakat yang sadar akan donor darah, ada juga keluarga pasien yang mendonorkan darahnya sebagai darah pengganti. "Sekarang ini bangak masyarakat yang dengan sekarela mendonorkan darahnya," ungkapnya.

Mantan Direktur RSU Kota Tangsel ini mengungkapkan, kebututuhan darah sejak pertengahan 2023 lalu mengalami kenaikan. Awalnya sekitar 3.000 namun, sekarang sudah mencapai 4.000 kantong setiap bulan.

Kenaikan tersebut lantaran seiring kepercayaan rumah sakit dan juga kebutuhan darah tanpa mengenal batas wilayah. "Contohnya rumah sakit di kawasan Bogor, Jawa Barat kerap minta darah kesini," tuturnya.

Menurutnya, saat ini ada 60 rumah sakit yang sudah kerjasama dengan PMI Kota Tangs yang berada di kawasan Jabodetabek, Banjar, Cianjur da Sukabumi

 

Tiap hari kita mendapat 65 sampai 150 kantong darah. Jumlah yang didapat  tersebut tergantung hari. Selain itu, komunitas-komunitas juga banyak yang melakukan donor langsung ke kantor PMI. "Sebulan kita bisa dapat 4.500 sampai 5.000 kantong darah," tutupnya. (*)

 

 

Kategori :