Rapi Kelola Kearsipan, Pilar Ganjar OPD Penghargaan

Selasa 19-12-2023,14:21 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sihara Pardede

SERPONG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID - Pemkot Tangsel memberikan penghargaan pengelolaan kearsipan terbaik bagi organisasi perangkat daerah (OPD). Penghargaan tersebut diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangsel.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan saat apel hari Bela Negara dan kesadaran nasional di Lapangan Cilenggang, Selasa, 19 Desember 2023.

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengatakan, kearsipan merupakan hal penting untuk menghimpun data tiap OPD. "Saya harap tiap dinas rapi dalam mengumpulkan data-data berkas," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.CO.ID, Selasa, 19 Desember 2023.

Pilar menambahkan, yang dinilai itu berkas yang sudah disampaikan ke Dinas Perpuatakaan dan Kearsipan. Namun, masih ada dinas yang belum menyampaikan sepenuhnya ke Dinas Perpustkaan dan Kearsipan.

"Sebenarnya gini, pemberkasannya rapi tapi, baru sampe di dinas masing-masing.
Saya harap kedepannya justru bank data , bank arsip adanya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," tambahnya.

Penyuka olahraga sepakbola ini mengaku, tiap OPD dapat memaksimalkan kearsipan berakhir di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Arsip disimpan di Dinas Perpustakaan dan Learsipan itu supaya rapi dan biasanya di OPD masing-masing nyimpannya di gudang sendiri dan itu kurang rapi," jelasnya.

Menurutnya, Dinas Perpus dan Kearsipan Kota Tangsrl sekarang sudah rapi dan bagus dan diharapkan dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk minyampan arsip.

"File semua dinas bisa disimpan disitu, itu terecord dari tahun berapapun bisa dibuka disitu," ungkapnya.

Dalam penghargaan tersebut, Badan Keuangan dan Aset Daerah menjadi OPD terbaik dalam rekapitulasi hasil pengawasan kearsipan internal 2023. Posisi kedua diraih Sekretariat Daerah dan posisi ketiga oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda). (*)

Tags :
Kategori :

Terkait