Walikota Instruksikan PDAM Distribusikan Air Bersih

Walikota Instruksikan PDAM Distribusikan Air Bersih

TANGERANG - Musim kemarau yang berkepanjangan telah mengakibatkan kekeringan di beberapa wilayah di Jabodetabek, tak terkecuali Tangerang. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap suplai air bersih di masyarakat.

Walikota Arief R Wismansyah mengimbau masyarakat agar menghemat air dan menggunakan air seefisien mungkin. "Saya berharap masyarakat menggunakan air seefisien mungkin dan jangan menghambur-hamburkan air," ujar Arief.

Sejauh ini belum ada laporan warga kota Tangerang yang terkena dampak dari kekeringan. Arief meminta kepada warga untuk segera melapor apabila ada yang mengalami kekeringan.

"Nanti kalau memang ada harap segera laporkan ke kecamatan, dinas terkait, atau bisa ke Aplikasi LAKSA yang nanti akan kita tanggapi dan saya sudah tugaskan PDAM untuk mendistribusikan air," imbuhnya.

Terpisah, Asisten Manager Humas dan Pengaduan PDAM TB Kota Tangerang, Ichsan Sodikin menerangkan, kondisi air baku saat ini mulai menurun secara kualitas dan kuantitas dikarenakan belum turunnya hujan.

Hal ini mengakibatkan persediaan air bersih kepada pelanggan PDAM TB sedikit mengalami penurunan. Ichsan menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Cisadane untuk terus menjaga permukaan air kali Cisadane.

Hal itu bertujuan agar pasokan air bersih tidak akan berkurang untuk pengiriman intake pengolahan air bersih. "Kami koordinasikan dengan Pihak PT Moya selaku pengelola air bersihnya, sehingga supply air bersih kepada pelanggan tidak terlalu terganggu dan berjalan normal," terang dia.

Ia melanjutkan, bagi masyarakat yang memerlukan bantuan air bersih, akan segera dikirimkan menggunakan mobil tangki apa bila mendesak. Pihaknya menyediakan sambungan telepon bagian pengaduan dan bantuan air bersih. (hms)

Sumber: