Ngabuburit Sehat di 108 Masjid

Ngabuburit Sehat di 108 Masjid

Ngabuburit atau menunggu waktu azan maghrib akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan kegiatan menarik dan bermanfaat. Biasanya masyarakat mengisi kegiatan ngabuburit dengan jalan-jalan atau belanja, kali ini Dinas Kesehatan mengajak masyarakat ngabuburit sambil olahraga.

Program yang diberi nama Ngabuburit Sehat (NGAjak BUka puasa Bareng penUh kebeRkahan dan hIdup Tetap SEHAT) diadakan di 108 masjid yang ada di kota Tangerang.

"Di bulan puasa yang penuh berkah ini, Dinas Kesehatan dan Puskesmas tetap menyapa dan menghampiri warga di 108 masjid dan musala di Kota Tangerang melalui kegiatan Ngabuburit Sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr Liza Puspadewi, Selasa (22/05).

Dikatakan, kebiasaan masyarakat kalau puasa jadi malas beraktifitas fisik dan olahraga. Sebaiknya olahraga tidak ditinggal saat puasa. Hanya saja intensitasnya yang berkurang. Karena olahraga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa.

"Tak perlu khawatir dehidrasi, justru olahraga tetap dianjurkan meski sedang berpuasa," ujarnya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, dr. Liza menerangkan bahwa selain mensyiarkan puasa ramahan sekaligus juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk bisa menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani.

"Misinya adalah mengedukasi masyarakat agar menjalankan puasa yang sehat. Dan tidak hanya jasmani yang kami perhatikan, kesehatan rohani pun tidak kami lupakan, dengan mewakafkan beberapa Al Quran dan mukena untuk digunakan masyarakat dalam beribadah," tuturnya.

kegiatan Ngabuburit Sehat yang dimulai dari pukul 17.00 antara lain diisi dengan senam ringan bersama, pelayanan kesehatan, buka puasa sehat bersama, salat maghrib, sya dilanjut taraweh berjamaah serta pemberian wakaf Alquran dan mukena. (mg6) 

Sumber: