Rumah Warga Ambrol, Kontraktor Janji Perbaiki

Rumah Warga Ambrol, Kontraktor Janji Perbaiki

CURUG – Rumah Abdul Khalik, Kampung Badodon, RT 06/03, Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, ambrol akibat aktivitas penggalian tanah untuk pipa Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dia bersama isterinya dan tiga anaknya, terpaksa tinggal di salah satu kios.

Tidak hanya itu, Abdul semakin merugi lantaran tidak dapat membuka bengkel karena lubang galian persis di depan rumahnya. Saat ini, PLN tengah melakukan pengeboran di beberapa titik untuk menanam pipa, termasuk di sepanjang Jalan Diklat Pemda Kabupaten Tangerang. Camat Curug Rahyuni mengatakan, pihak kontraktor dan PLN bertanggungjawab atas kerusakan akibat galian tersebut.

“Kontraktor dan PLN siap memperbaiki kerusakan. Hal itu sudah disampaikan saat rapat penanganan dampak pemasangan kabel PLN yang mengakibatkan kerusakan sarana prasarana jalan dan lingkungan sekitarnya. Rapat dipimpin langsung oleh Kadis Binamarga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang (Slamet Budi Mulyanto, red),” kata Rahyuni kepada Tangerang Ekspres, kemarin (18/2).

Sebelumnya, Abdul mengeluhkan aktivitas galian itu karena berimbas fatal. Dia mengaku, dirinya pernah mengingatkan kontraktor agar memasang tiang pengaman di rumah berukuran 8x10 meter itu. Namun hal tersebut tidak diindahkan. Saat galian mencapai kedalaman sekitar tiga meter, rumah Abdul langsung ambrol.

Melihat kejadian itu, kontraktor menawarkan Abdul bersama keluarganya untuk tinggal di sebuah kios yang berdempetan di rumah Abdul. Pihak kontraktor, kata Abdul, menyewa kios itu sebesar Rp 300 ribu dalam kurun dua minggu. Jika rumah Abdul tak rampung dalam waktu tersebut, kontraktor berjanji memperpanjang masa sewa kios itu.

“Saya sekarang hanya ngojek, tidak bisa buka bengkel lagi. Ini sangat merugikan kami, pemasukan berkurang. Kontraktor juga belum memastikan kapan galian itu selesai dan kapan rumah kami diperbaiki. Kalau belum diperbaiki, kami tetap tinggal di kios ini,” ujar Abdul.

Dia berharap, kontraktor dan PLN segera merealisasikan janji tersebut. Sehingga dia bersama keluarga dapat beraktivitas seperti sedia kala. (mg-3)

Sumber: